OPview

OPview

Wednesday, December 31, 2014

Manfaat dan Kandungan Daun Seledri / Celery / Apium graviolens L

Berikut manfaat mengkonsumsi seledri:





Mengurangi risiko terkena kanker
Seledri merupakan sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker. Seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker. Tingginya kadar sodium dalam seledri sangat berguna untuk menjaga ketahanan tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Seledri sangat baik untuk penderita Hipertensi (darah tinggi) karena mengandung pthalides dan magnesium yang baik untuk membantu melemaskan otot-otot sekitar pembuluh darah arteri dan membantu menormalkan penyempitan pembuluh darah arteri. Pthalides dapat mereduksi hormon stres yang dapat meningkatkan darah. Sebuah penelitian membuktikan pthalides dapat mereduksi tekanan pembuluh darah hingga 12-14 %.

Menjaga kesehatan jantung
Seledri juga mengandung apigenin yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri kaya akan pasokan kalium, asam folic, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, dan banyak mengandung asam amino esensial. Pasokan kalium sangat bermanfaat untuk terapi darah tinggi. Pada 100 gr seledri terkandung 344 mg kalium dan 125 mg natrium. Konsumsi makanan dengan perbandingan kalium dan natrium yang mencapai 3:1 sangat baik bagi penderita darah tinggi. Pada seledri, perbandingan tersebut mencapai 2,75:1 dan ini sudah sangat mendekati rasio ideal untuk pencegahan hipertensi.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram seledri:

Kalori 20 gram
Protein 1 gram
Lemak 0,1 gram
Hidrat arang 4,6 gram
Kalsium 50 mg
Fosfor 40 mg
Besi 1 mg
Vitamin A 130 SI
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin C 11 mg

No comments :

Post a Comment