OPview

OPview

Monday, March 16, 2015

Manfaat Besi / Ferrum / Fe

Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Manfaat zat besi terutama untuk membawa oksigen ke sel-sel darah. Sekitar 2/3 zat besi dalam tubuh terdapat dalam hemoglobin. Zat Besi adalah nutrisi yang paling penting dibutuhkan bagi kegiatan tubuh kita setiap hari, termasuk untuk melaksanakan fungsi dasar tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi ini juga digunakan untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbon dioksida. Mineral ini juga membutuhkan kalsium dan tembaga dalam jumlah yang cukup untuk melaksanakan fungsi yang tepat, sedangkan asam askorbat(vitamin C) membantu tubuh untuk meningkatkan penyerapannya.




Berikut manfaat mengkonsumsi zat besi:

Membantu proses pembentukan hemoglobin
Membentuk hemoglobin adalah fungsi zat besi yang paling penting. Hemoglobin adalah unsur yang paling penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan yang memberikan warna merah gelap pada darah. Kekurangan asupan zat besi dari makanan dapat menyebabkan anemia (kurang darah). Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit anemia.

Mengangkut oksigen
Zat besi bertindak sebagai pembawa oksigen yang membantu untuk mentransfer oksigen dari satu sel tubuh yang lain. Ini juga merupakan fungsi yang paling penting dari zat besi, karena oksigen dibutuhkan oleh masing-masing dan setiap bagian tubuh untuk melakukan fungsi rutin sehari-hari.

Membantu fungsi otot
Zat besi merupakan unsur penting bagi kesehatan otot. Zat besi terdapat dalam jaringan otot dan membantu suplai oksigen yang diperlukan untuk kontraksi otot.

Membantu fungsi otak
Pengembangan otak adalah salah satu manfaat zat besi. Karena suplai oksigen ke darah dibantu oleh zat besi dan otak menggunakan sekitar 20% oksigen darah, zat besi secara langsung berkaitan dengan kesehatan otak dan fungsi otak.

Membantu mengatur suhu tubuh
Zat besi adalah fasilitator bagi pengaturan suhu tubuh. Semakin baik kapasitas serapan tubuh terhadap zat besi, semakin baik tubuh mengendalikan suhu badan.

Membantu sintesis neurotransmitter
Zat besi berperan penting dalam pembentukan beberapa neurotransmitter esensial seperti dopamine, norepinephrine, dan serotonin. Neurotransmitter adalah bahan kimia yang mengolah dan mengirim sinyal syaraf. Zat-zat kimia ini berperan penting dalam berbagai aktivitas yang melibatkan fungsi syaraf dan otak.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Zat besi berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Membantu pembentukan enzim
Zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase.

Menjaga kesehatan janin
Bagi kehamilan, mineral ini sangat penting karena diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, serta pembawa oksigen dalam darah pada ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk pertumbuhan janin yang baik, yaitu yang direkomendasikan adalah 27 miligram zat besi per hari. Suplemen zat besi juga bisa memberikan hasil yang baik jika dikonsumsi bersama dengan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, jeruk, jus tomat.

Menjaga kesehatan kulit dan kuku
Zat besi juga merupakan unsur yang berguna untuk memfungsikan antioksidan, dan juga membantu untuk mengaktifkan vitamin dalam kelompok B kompleks. Hal ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit. Kekurangan nutrisi ini juga dapat menyebabkan kelelahan, wajah pucat, kulit kering dan ujung rambut pecah-pecah. Juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, sehingga sangat mudah mengalami kerusakan.

Membantu menurunkan berat badan
Karena besi membantu sel darah merah untuk membawa oksigen dalam tubuh agar berfungsi dengan baik, maka sangat sulit untuk memiliki energi saat berolahraga jika kekurangan unsur ini. Tentu saja akibatnya Anda akan dengan mudah merasa lelah dan lelah sepanjang waktu. Latihan yang menggunakan banyak energi bisa menyebabkan penurunan berat badan, namun Anda juga harus mendapat cukup zat besi agar tetap semangat. Pada akhirnya senyawa ini adalah salah satu mineral yang paling penting, yang juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.


No comments :

Post a Comment