OPview

OPview

Friday, December 12, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Blueberry / Blueberries / Vaccinium corymbosum

Blueberry adalah salah satu jenis buah yang mulai dikonsumsi oleh masyarakat dengan berbagai manfaat antara lain:






Meningkatkan daya tahan tubuh
Blueberry diketahui mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah segar lainnya. Antioksidan memiliki peran dalam membantu menguatkan sistem imun dengan menetralisir radikal bebas. Sebagian besar antioksidan dalam buah blueberry adalah antosianin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna biru blueberry. Blueberry merupakan sumber antioksidan seperti anthocyanin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan seng. Mengonsumsi blueberry secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah diri dari virus dan bakteri.

Mengurangi risiko terkena kanker
Senyawa fenolik yang terkandung dalam blueberry diketahui dapat menghambat proliferasi sel kanker usus besar dan menginduksi apoptosis. Penelitian menunjukkan, wanita dengan asupan blueberry yang tinggi dikeatahui mengalami pengurangan yang signifikan terkait risiko kanker ovarium. Blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi yang dilakukan dilaboratorium telah menemukan manfaat blueberry, yang salah satunya adalah bisa mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%.

Menjaga fungsi otak
Buah Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Kandungan mangan dan vitamin K buah Blueberry cukup tinggi, unsur kimia mangan adalah zat anti peradangan. Fungsinya secara tidak langsung melancarkan aliran darah dan meningkatkan daya ingat.

Menurunkan kadar lemak dan baik untuk penderita diabetes
Bluberry juga mengandung polyphenol yang bermanfaat dalam menurunkan lemak berlebih di sekitar perut serta juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada metabolisme tubuh. Buah ini sangat cocok untuk menemani program diet yang sedang dilakukan karena kandungan kalorinya yang rendah. Blueberry terbukti mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa penelitian, blueberry diberikan pada tikus. Hasilnya, tikus-tikus tersebut mengalami penurunan berat badan dan massa liver. Mengapa ukuran liver penting? Sebab banyak penyakit dihubungkan dengan ukuran liver yang besar, seperti resistensi insulin, obesitas, dan juga diabetes. Selain itu, blueberry juga berkhasiat meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan
Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan. 





Nilai Kandungan gizi dalam 100 gram blueberry:

Energi 239 kJ (57 kcal)
Karbohidrat 14,5 g
Diet serat 2,4 g
Lemak 0,3 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 54 IU-
Lutein dan zeaxanthin 80 mg
hiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0,42 mg (3%)
Asam pantotenat (B5) 0,1 mg (2%)
Vitamin B6 0,1 mg (8%)
Folat (B9 Vit.) 6 mg (2%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Vitamin E 0,6 mg (4%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0,3 mg (2%)
Magnesium 6 mg (2%)
Fosfor 12 mg (2%)
Kalium 77 mg (2%)
Seng 0,2 mg (2%)
mangan 0,3 mg 20%
Vitamin K 19 mcg 24%

No comments :

Post a Comment