OPview

OPview

Thursday, December 11, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Alpukat / Avocado / Persea americana

Alpukat / Apokat / Avokad adalah salah satu nama buah dengan rasa yang unik dan digemari banyak orang, tapi tahukah anda manfaat dan kandungan gisi di dalamnya? Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat:







Menurunkan kolesterol
Mengonsumsi buah alpukat diketahui bisa menurunkan kolesterol LDL (atau kolesterol jahat). Tak hanya itu, buah alpukat juga membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol yang baik). Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Lemak nabati yang tinggi merupakan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Menstabilkan tekanan darah
Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat. Kandungan potasium dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi dan mencegah pengendapan cairan dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah. 

Mengontrol gula darah
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

Mengurangi risiko kanker
Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas. Kandungan Vitamin E, C ataupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adalah penyebab utama timbulnya penyakit kanker.

Mencegah peradangan
Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh. Senyawa fitonutrien yang ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi (peradangan) dan degeneratif.

Meningkatkan berat badan
Mengonsumsi alpukat adalah cara yang sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. Jika Anda terlalu kurus dan butuh meningkatkan berat badan, alpukat bisa jadi salah satu menu wajib anda.

Menyehatkan kulit dan rambut
Minyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

Mencegah resiko penyakit stroke
Kandungan Asam Folat dalam Buah Avokad ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.

Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula. Kandungan dalam buah alpukat yang bernama zat lutein karotenoid, ternyata lebih banyak daripada buah lainnya. Zat ini mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh. Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homosistein (homocysteine​​). Kadar homosistein yang tinggi ​​dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Membantu mencegah cacat lahir
Alpukat kaya akan folat, vitamin B9 yang dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% folat dari nilai harian yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

Melawan radikal bebas
Alpukat mengandung glutathion , sebuah antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Glutathion dalam alpukat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Meningkatkan penyerapan nutrisi
Asupan alpukat dikaitkan dengan peningkatan penyerapan gizi. Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika para partisipan mengonsumsi salad yang terdapat alpukatnya, mereka menyerap lima kali lebih banyak jumlah karotenoid daripada mereka yang hanya mengonsumsi salad saja tanpa alpukat. Karotenoid adalah kelompok nutrisi yang mengandung beta karoten dan likopen.






Berikut ini adalah Kandungan Gizi dalam 100 Gram Buah Alpukat Segar diantaranya :

Kalori 85,00 kal
Protein 0,90 g
Lemak 6,50 g
Karbohidrat 7,70 g
Kalsium (Ca) 10,00 mg
Fosfor (P) 20,00 mg
Zat Besi (Fe) 0,90 mg
Vitamin A 180,00 S.I.
Vitamin B1 0,05 mg
Vitamin C 13,00 mg
Air 84,30 mg
Serat 1,40 g


Bagian dapat dimakan 61,00%

No comments :

Post a Comment