OPview

OPview

Monday, December 15, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Jambu / Guava / Cashew Nut / Psidium guajava / Syzygium aqueum / Anaccadium odontinale

Jambu adalah buah yang sudah tidak asing di telinga kita, pada kesempatan kali ini saya akan membahas jambu biji dan jambu air.






Berikut manfaat mengkonsumsi jambu biji:

Mengurangi risiko terkena kanker
Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Menurunkan tekanan darah
Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

Mengatasi diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium. Astringent alami dalam jambu biji bersifat alkali, bersifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri oleh pertumbuhan mikroba dan menghambat serta menghilangkan lendir ekstra dari usus. Lebih lanjut, nutrisi lainnya dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium akan memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan. 

Menjaga kesehatan kulit
Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

Mengatasi sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

Menjaga kestabilan gula darah
Buah dan daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah sehingga bisa dijadikan herbal untuk diabetes. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.

Menambah sel darah merah dan trombosit
Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda. Ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.




Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji sebagai berikut:

Energi 68 Kcal 3,5%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Protein 2,55 g 5%
Total Lemak 0.95 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 5,4 g 14%
Vitamin
Folat 49 mg 12,5%
Niacin 1,084 mg 7%
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Pyridoxine 0.110 mg 8,5%
Riboflavin 0.040 mg 3%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2,6 mg 2%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 417 mg 9%
Mineral
Kalsium 18 mg 2%
Tembaga 0.230 mg 2,5%
Besi 0,26 mg 3%
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0.150 mg 6,5%
Fosfor 11 mg 2%
Selenium 0,6 mcg 1%
Zinc 0.23 mg 2%
Karoten-ß 374 mg –
Crypto-xanthin-ß 0 mg –
Lycopene 5204 mg -





Berikut manfaat mengkonsumsi jambu air:

Menyegarkan tubuh
Jambu air memiliki kandungan banyak air. bahan ini sangat diperlukan secara Mutlak oleh tubuh kita, utamanya dipakai untuk metabolisme tubuh. kekurangan air bisa mengganggu manfaat banyak organ tubuh, utamanya ginjal yang mengakibatkan kotoran tidak dapat terdorong keluar dari tubuh dengan optimal. Hal tersebut bisa mengakibatkan batu ginjal. Manfaat jambu air yaitu dapat mencukupi keperluan air tubuh dikarenakan kandungan airnya meraih 93% dari tiap-tiap buahnya. ini artinya didalam 100 gram buah jambu air, terdapat lebih kurang 93 gram air. kandungan air inilah yang mengakibatkan tubuh anda terasa lebih segar.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C yang terkandung didalam Jambu Air juga cukup tinggi. Pada setiap 100 gram jambu air, terkandung Vitamin C sebesar 22 mg yang hampir setara dengan Jeruk Mandarin.Vitamin C mempunyai Manfaat sebagai antioksidan yang dapat melindungi Kesehatan sel, meningkatkan Penyerapan zat besi, serta melakukan perbaikan mutu sperma dengan menghindar radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pembungkus sperma. Dalam Perawatan kecantikan, Vitamin C mempunyai peran sangat penting dan mutlak. Dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih Segar..Vitamin C akan merangsang pembentukan kolagen kulit serta menjaganya dari kerusakan. Vitamin C mempunyai karakter sebagai water holder ( menyimpan air ) hingga dapat melindungi kelembapan kulit serta mencegahnya dari kekeringan.




Kandungan gisi yang terkandung di dalam 100 gram buah jambu air sebagai berikut:

Water (Air) 93 g
Energy 25 kcal
Energy 105 kj
Protein 0.6 g
Total lipid (fat) 0.3 g
Ash 0.4 g
Carbohydrate, 5.7 g
Calcium, Ca 29 mg
Iron, Fe 0.07 mg
Magnesium, Mg 5 mg
Phosphorus, P 8 mg
Potassium, K 123 mg
Zinc, Zn 0.06 mg
Copper, Cu 0.016 mg
Manganese, Mn 0.029 mg
Vitamin C, 22.3 mg
Thiamin 0.02 mg
Riboflavin 0.03 mg
Niacin 0.8 mg
Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE
dan kandungan gizi lain : protein, zat besi, kalsium, fosfor, asam sitrat dan asam sulfurik.


No comments :

Post a Comment