OPview

OPview

Friday, December 12, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Ceri / Cherry / Prunus apetala / Prunus avium

Cherry atau Kersen adalah buah kecil yang sering kita jumpai di sekitar kita. Berikut manfaat mengkonsumsi buah cherry:





Melawan kanker dan penuaan dini
Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah cherry juga dapat membantu tubuh manusia dalam melawan kanker, penyakit syaraf, penuaan dini serta kondisi pradiabetes.

Sebagai antiseptik alami
Rebusan daun Kersen mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun Seri terbukti dapat membunuh bakteri sebagai berikut : C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun Seri ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

Sebagai anti inflamasi
Rebusan daun Kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

Mengurangi risiko kanker
Daun Kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun Kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

Menenangkan syaraf
Buah cherry kaya akan melatonin yaitu antioksidan yang bisa melintasi penghalang darah menuju keotak-otak dengan cara mudah sehingga dapat menghasilkan efek yang menenangkan pada syaraf otak, meringankan neurosis, insomnia, menenangkan sistem iritasi syaraf serta kondisi sakit kepala.

Sebagai anti uric acid (asam urat)
Di Indonesia secara tradisional buah Kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tersebut.

Kaya mineral penting untuk jantung
Buah cherry juga sebagai sumber seng, kalium, zat besi, mangan dan tembaga. Kalium merupakan mineral untuk jantung sehat, yaitu sebuah nutrisi penting dari sel dan cairan tubuh yang bermanfaat untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Mengurangi rasa nyeri pada sendi
Mengandung antiviral, antibakteri, juga ada zat yang disebut dapat menurunkan kadar asam urat pada darah, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Dalam pengobatan china dipercaya mengurangi sakit asam urat, artritis, rematik. bahkan dengan kandungan zat besi dalap melawan anemia secara alami.

Mencegah stroke ringan
Di dalam cherry terkandung quercetin dan asam ellagic (zat yang dipercaya dapat menghambat tumor yang tumbuh dan mematikan sel kanker), juga baik bagi penderita kolesterol yang akhirnya bila dikonsumsi reguler dipercaya setidaknya dapat mencegah stroke ringan.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram kersen : 

Air (77,8 gram)
Protein (0,384 gram)
Lemak (1,56 Gram)
Karbohidrat (17,9 gram)
Serat (4,6 gram)
Abu (1,14 gram)
Kalsium (124,6 mg)
Fosfor (84mg)
Besi (1,18 mg)
Karoten (0,019g)
Tianin (0,065g)
Ribofalin (0,037g)
Niacin (0,554 g)
Vitamin C (80,5 mg) 

Nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

No comments :

Post a Comment