OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Sirsak / Soursop / Annona muricata

Berikut manfaat mengkonsumsi buah sirsak:





Mengurangi risiko terkena kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya. Buah sirsak mengandung berbagai zat mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor. Setiap 100 gram buah sirsak mengandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Kedua kandungan mineral ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, sirsak juga mengandung banyak tembaga yang dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat menambah kebutuhan nutrisi tulang dengan baik.

Meningkatkan sel darah merah
Kandungan asam folat dalam buah sirsak cukup tinggi, yaitu sekitar 14 mg per 100 gram buah. Folat merupakan vitamin larut dalam air. Manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh manusia adalah membantu maupun mengatur proses metabolisme protein, lemak, serta karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, folat juga berperan dalam produksi sel darah merah maupun sintesa hemoglobin darah.

Mengatur PH dalam tubuh
Setiap 100 gram buah sirsak mengandung protein sebanyak 1 gram. Protein berperan sebagai penunjang keberadaan setiap sel di tubuh manusia. Selain itu, protein juga memiliki manfaat sebagai sumber energi bagi tubuh, pengatur atau pengendali sintesis hormon, enzim, antibodi, serta pengatur kadar asam basa dalam sel tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah sirsak yang besar atas kandungan vitamin A pada buah dapat ditemui terutama untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tulang, kesehatan gigi, maupun jaringan lunak. Buah sirsak juga mengandung Provitamin A berjumlah tinggi, sehingga konsumsi sirsak secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terutama sekali kesehatan mata Anda.





Berikut kandungan dalam 100 gram buah sirsak:

Air   81.16 gram
Energi 66 kcal
Protein   1 gram
Total lipid (Lemak) 0,3 gram
Karbohidrat 16,84 gram
Serat 3,3 gram
Gula   13,54 gram
Kalsium, Ca 14 mg
Besi, Fe   0,6 mg
Magnesium, Mg   21 mg
Fosfor, P   27 mg
Kalium, K   278mg
Sodium, Na    14 mg
Seng, Zn   0,1 mg
Vitamin C   20,6 mg
Thiamin 0,07 mg
Riboflavin 0,05 mg
Niacin   0,9 mg
Vitamin B-6   0,059 mg
Folat, DFE   14 Âµg
Vitamin B-12   0 Âµg
Vitamin A, RAE    0 Âµg
Vitamin A,    2 IU
Vitamin E (alpha-tocopherol)   0,08 mg
Vitamin D (D2 + D3)   0 Âµg
Vitamin D   0 IU
Vitamin K (phylloquinone)   0,4 µg
Asam Lemak, jumlah lemak jenuh   0,051 gram
Asam Lemak, jumlah lemak tak jenuh tunggal   0,09 gram
Asam Lemak, jumlah lemak tak jenuh ganda   0,069 gram
Kolesterol   0 mg
Kafein 0 mg




No comments :

Post a Comment