OPview

OPview

Thursday, December 18, 2014

Manfaat Sayur Asparagus / Asparague officinalis

Berikut manfaat mengkonsumsi asparagus:



Menjaga kestabilan gula darah
Kelimpahan vitamin B dalam asparagus membantu menjaga homosistein yang diproduksi dalam darah dalam tingkat yang sehat, ketika asam amino (metionin) rusak dalam tubuh. Vitamin B terutama folat, B6 dan B12 sangat penting untuk mengubah homosistein menjadi sistein yang selanjutnya akan dikonversi kembali ke metionin sesuai siklus metilasi normal. Defisiensi vitamin B dalam tubuh dapat meningkatkan kadar homosistein dalam darah. Dibesarkan tingkat homosistein dapat menimbulkan ancaman bagi penyakit serius seperti kerusakan pembuluh darah, trombosis vena, di mana pembekuan darah yang terjadi di pembuluh darah dan aterosklerosis yang lebih lanjut dapat menyebabkan gangguan jantung. Selain itu, vitamin B juga bertanggung jawab untuk metabolisme pati dan gula dalam tubuh dan membantu dalam menjaga kadar gula darah yang sehat.

Menjaga kesehatan pencernaan
Asparagus mengandung inulin nutrisi dalam jumlah yang cukup, yaitu jenis dari karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai prebiotik. Ini tidak bisa dicerna sebelum sampai mencapai usus besar di mana ia akan menjadi makanan bakteri baik seperti Lactobacilli. Ini akan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mengurangi risiko kanker perut dan alergi. Asparagus juga merupakan penyedia kaya serat dan memiliki sifat pencahar, yang akan membantu dalam kelancaran fungsi perut kembung dan sembelit . Seiring dengan pencernaan yang sehat, serat juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa asparagus terbukti sama efektifnya dengan obat modern yang tersedia secara komersial dalam mengobati dispepsia.

Mengurangi risiko terkena kanker
Seiring dengan efisiensi pencegahan kemo, asparagus juga membantu dalam mengangkat tingkat glutathione, antioksidan dan senyawa detoksifikasi yang memainkan peran utama dalam penuaan dan membantu dalam pencegahan berbagai penyakit seperti HIV, AIDS, cystic fibrosis, penyakit Alzheimer, anemia, kanker, diabetes dan gangguan jantung.

Sebagai anti inflamasi dan menjaga kesehatan jantung
Asparagus merupakan sumber yang kaya rutin, atau flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi, dan dapat digunakan untuk mengobati wasir dan mencegah pembekuan darah. Hal ini juga akan meningkatkan permeabilitas kapiler, memperkuat pembuluh darah dan melindunginya dari kerapuhan. Rutin pada asparagus juga mencegah pengerasan pembuluh darah dengan mengurangi viskositas darah dan membantu dalam mengurangi hipertensi, mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Menyembuhkan infeksi saluran kemih
Studi penelitian menunjukkan bahwa asparagus racemosus memiliki efek anti-urolithiatic yang membantu untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih. Karena adanya sifat diuretik, konsumsi asparagus mendorong frekuensi dan volume buang air kecil. Hal ini membantu untuk detoksifikasi dan menyiram limbah beracun keluar dari tubuh. Menurut penelitian, efek anti urolithiatic atribut untuk kehadiran antioksidan dan vitamin penting C dan E




Berikut kandungan gisi dalam 100 gram asparagus:

Energi 85 kJ (20 kcal)
Karbohidrat 3,88 g
Gula 1,88 g
Diet serat 2,1 g
Lemak 0,12 g
Protein 2.20 g
Thiamine (Vit. B1) 0,143 mg (11%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,141 mg (9%)
Niacin (Vit. B3) 0,978 mg (7%)
Asam pantotenat (B5) 0,274 mg (5%)
Vitamin B6 0,091 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 52 mg (13%)
Vitamin C 5,6 mg (9%)
Kalsium 24 mg (2%)
Besi 2,14 mg (17%)
Magnesium 14 mg (4%)
Fosfor 52 mg (7%)
Kalium 202 mg (4%)
Seng 0,54 mg (5%)
Mangan 0,158 mg

No comments :

Post a Comment