OPview

OPview

Wednesday, December 17, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Kedondong / Spondias dulcis

Berikut manfaat mengkonsumsi buah kedondong:






Menjaga kesehatan jantung
Kedondong mangandung kalsium yang terdapat pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan mata
Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

Mengurangi risiko terkena kanker
Kandungan Vitamin A buah kedondong ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentu saja kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Membantu mengatasi anemia
Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, rupanya buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

Memperlambat proses penuaan dini
Kandungan vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini.

Memperkuat tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang terdapat pada buah kedondong bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.





Kandungan gisi dalam 100 gram buah kedondong sebagai berikut:

Energi  41 kkal
Protein 1 gr
Lemak  0,1 gr
Karbohidrat   10,3 gr
Kalsium  15 mg
Fosfor  22 mg
Zat Besi   3 mg
Vitamin A  233 IU
Vitamin B1   0,08 mg
Vitamin C   30 mg



No comments :

Post a Comment