OPview

OPview

Sunday, December 21, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Markisa / Passionfruit / Passiflora edulio

Berikut manfaat mengkonsumsi buah markisa:




Mengurangi risiko terkena kanker
Buah markisa mengandung suatu zat antioksidan bernama likopen yang diketahui memiliki sifat antikanker. Likopen banyak dikandung oleh buah markisa serta beberapa jenis buah dan sayuran berwarna terang lain lain seperti tomat, lobak, serta wortel. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak likopen sangat disarankan untuk pria dewasa karena likopen diketahui sangat efektif untuk menurunkan resiko munculnya kanker prostat.

Menjaga kesehatan jantung
Buah markisa mengandung provitamin omega 3 dan omega 6 yang berperan penting untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah. Kedua zat ini diketahui mampu membersihkan saluran pembuluh arteri dan menurunkan tingkat gula darah. Sebagai informasi bahwa tingkat gula darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit diabetes dan juga jantung koroner.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Buah markisa memiliki kandungan potasium dalam jumlah tinggi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain potasium, kandungan mineral magnesium di dalam buah ini juga dapat mengontrol detak jantung sehingga tekanan darah dapat normal kembali.

Membantu mengatasi insomnia
kandungan potasium di dalam buah markisa juga cukup efektif untuk bekerja sebagai terapi untuk penderita insomnia (susah tidur). Mineral potasium akan membuat saraf-saraf yang tegang menjadi rileks kembali sehingga tubuh dan pikiran akan siap untuk tidur. Selain potasium, kandungan vitamin B6 dalam buah markisa juga berfungsi untuk menenangkan pikiran.

Mencegah asma
Kandungan vitamin C dan beberapa zat antioksidan di dalam buah markisa dapat berfungsi untuk mencegah munculnya histamin yang merupakan salah satu penyebab timbulnya gejala-gejala asma.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah markisa:

Air : 72.93 g
Energi : 97 Kcal
Karbohidrat : 23.38 g
Protein : 2.20 g
Total Lemak : 0.70 g
Kolesterol : 0 mg
Dietary Fiber 10,40 g
Ampas, : 11,20 g

Kalsium : 12 mg
Besi: 1.60 mg
Magnesium : 29 mg
Fosfor : 68 mg
Kalium : 348 mg
Sodium : 28 mg
Zinc : 0,10 mg

Folat : 14 mg
Niacin : 1.500 mg
Riboflavin : 0.130 mg
Vitamin A : 1272 IU
Vitamin B6 : 0.100 mg
Vitamin C : 30 mg
Vitamin E : 0.02 mg
Vitamin K : 0,7 mg

Asam lemak jenuh : 0.059 g
Asam lemak tak jenuh tunggal : 0,086 g
Asam lemak tak jenuh ganda : 0.411 g

No comments :

Post a Comment