OPview

OPview

Thursday, December 4, 2014

Tips agar cepat hamil

Anda perlu menjalani program untuk menghasilkan keturunan apabila anda ingin cepat memiliki momongan, anda pasti menantikan saat-saat anda terlambat datang bulan dan mengetahui bahwa tes kehamilan positif. 

Anda perlu mengetahui siklus menstruasi anda terlebih dahulu. Siklus menstruasi seorang wanita dihitung mulai dari hari pertama menstruasi atau datang bulan, sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Apabila siklus anda tidak selalu sama, anda dapat merata-rata selama paling tidak 6 bulan untuk hasil yang lebih akurat.

Berikut makanan yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi anda:

1. Brokoli
Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi karena memiliki banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh kamu. Buat kamu yang tidak menyukai brokoli bisa diakali dengan membuat brokoli crispy, brokoli bakar, dll.

2. Salmon
Ikan yang terkenal akan gizinya yang tinggi, yaitu kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur kamu.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi harian ialah bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi kamu. Banyak cara untuk menyiasati memakan sayuran hijau jika kamu tidak menyukainya yaitu menjadi olahan yang kamu sukai seperti keripik, kue, dll.

4. Biji wijen
Biji wijen? bayangkan saja wijen di onde-onde, kecil bukan? apalagi bijinya? Namun dapat membantu kamu memperlancar siklus menstruasi. Tapi, jangan makan biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

5. Yogurt
Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Untuk mendapatkan yogurt saat ini tidaklah sulit, biasanya terdapat di setiap pusat perbelanjaan. Rasanya yang asam manis memungkinkan kamu untuk mengonsumsi yogurt setiap hari agar siklus menstruasi lancar.

6. Susu kedelai
Susu kedelai merupakan hasil sari dari kacang kedelai. Susu kedelai dapat dibeli di pasar tradisional ataupun pasar swalayan terdekat. Susu kedelai selain lezat ternyata juga kaya akan manfaat, salah satunya ialah membantu memperlancar menstruasi.

7. Telur
Telur rebus sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Inilah tujuh makanan sehat yang dapat memperlancar siklus menstruasi kamu. Jika menstruasi masih tidak teratur, segera berkonsultasi dengan dokter.


Setelah anda mengetahui siklus haid anda, anda dapat menghitung masa subur anda yaitu siklus haid:2 kemudian +- 3 hari. Misalkan siklus haid anda 28 hari, perkiraaan masa subur anda adalah mulai hari ke 14 +- 3. Jadi perkiraan anda subur pada hari ke 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17. Saat inilah anda mulai melakukan hubungan intim dengan pasangan anda untuk memperbesar peluang memiliki keturunan, walaupun di luar masa subur pun sangat mungkin untuk hamil.

Kemudian mulai hari ke 9, usahakan untuk tidak berhubungan intim dengan suami anda agar kualitas sperma dalam kondisi prima, jangan lupa meminta suami anda mengkonsumsi makanan yang dapat membantu kualitas sperma:

Ikan Salmon
Daging ikan Salmon kaya akan Omega-3 yang berguna untuk menekan kadar kolesterol LDL. Selain itu, daging ikan Salmon juga mengandung protein-protein sumber energi yang dapat "menggeber" kecepatan dan kekuatan renang sperma. Di alamnya, ikan Salmon terkenal sebagai penjelajah samudra dan dengan ketangguhannya dalam menempuh arus sungai yang deras secara berlawanan hanya untuk berkembang biak di air tawar. Umumnya jarang dari ikan Salmon yang kembali ke laut dalam keadaan masih hidup, mereka mati segera setelah melakukan perkawinan di air tawar. Sifat ini sangat mirip dengan kehidupan sperma manusia.

Semangka
Semangka atau yang sejenisnya sangat kaya akan kandungan Potassium yang berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi, selain itu ia pun diperkaya pula dengan antioksidan Lycopene. Tekanan darah yang normal akan sangat membantu memperlancar sperma yang berenang menuju sel telur.

Tomat
Sama seperti Semangka, Tomat pun kaya akan antioksidan Lycopene yang berguna untuk menyehatkan prostat dan mencegah terjadinya kanker prostat. Prostat yang sehat akan membantu pula memproduksi sperma-sperma yang sehat dan berenangnya kuat.

Susu atau yogurt
Susu rendah lemak dan Yogurt kaya akan Kalsium dan Potassium. Keduanya sangat berguna dalam menjaga tekanan darah untuk selalu normal serta membantu saluran arteri agar selalu terbuka lancar. Sekalipun sperma dalam kondisi sehat dan kuat, tetapi ia tetap saja tidak berkutik bila saluran yang harus dilaluinya terhambat.

Buah berry
Hampir semua jenis beri-berian kaya akan zat antioksidan yang sangat berguna menyehatkan arteri. Akan lebih bagus bila mengkonsumsi tidak hanya satu jenis beri-berian saja, konsumsilah dengan mencampurnya. Saat ini banyak ditemui beragam beri-berian di pasaran yang dapat anda konsumsi seperti Strawberry, Blueberry, Blackberry, Raspberry, Cranberry, hingga buah Anggur merah, hitam, hijau masih termasuk jenis beri-berian.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan mineral, minimal mengkonsumsi setengah cangkir kacang-kacangan setiap hari, akan menekan tekanan darah hingga 8-10%. Kacang-kacangan berguna pula untuk menekan jumlah kolesterol dalam tubuh dan lonjakan gula darah. Kacang-kacangan beragam macamnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, buncis, dll.

Gandum
Sama seperti kacang, Gandum banyak mengandung serat sehingga bagus untuk pencernaan dan ampuh dalam menekan kolesterol.


Saat melakukan hubungan intim, usahakan anda dan pasangan sama2 enjoy, relax dan bebas dari stress. Karena faktor psikologis memiliki peran penting dalam hubungan suami istri.

Posisi dalam berhubungan intim juga harus anda perhatikan, usahakan posisi yang anda nikmati berdua atau bisa juga bergantian. Ingat, komunikasi adalah kunci kepuasan dalam berhubungan sex.

Beberapa gejala atau tanda anda hamil diantaranya adalah:

Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri.
Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Payudara Anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

Mudah lelah. 
Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya sampai anda membuktikannya nanti.

Mual dan Muntah. 
Gejala ini identik dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari -dan bahkan di siang dan malam hari. Jika Anda benar-benar positif hamil, tenang saja karena biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester 1.

Penciuman lebih sensitif. 
Kadang ketika Anda merasa bahwa penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

Sering Kencing. 
Perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda. Jadi saat ke toilet besok, mungkin anda perlu membawa alat tes kehamilan.

Perut kembung. 
Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

Terlambat haid. 
Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid mereka.

Kenaikan suhu tubuh. 
Jika Anda teliti, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

Spotting. 
Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati bercak darah (spotting). Itu bisa saja akibat penempelan embrio pada dinding rahim, dan itu hal yang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda.


Setelah anda terlambat datang bulan sekitar 5 hari, belilah test pack untuk tahap awal memastikan bahwa anda positif hamil. Anda dapat membeli test pack merek "onemed" seharga Rp.2.000,- atau merek sekelas "sensitif" atau "pregcy check" seharga Rp.18.000,-. Keduanya memiliki keakuratan yang sama, hanya masalah packing saja. Tidak ada salahnya anda membeli keduanya untuk lebih memastikan. Lakukan test urin pertama setelah anda bangun tidur untuk hasil optimal, kemudian dengan test pack satunya di hari berikutnya.

Apabila anda positif hamil, segeralah periksa ke dokter kandungan untuk USG.

Sekian info dari saya, semoga membantu...




















No comments :

Post a Comment