OPview

OPview

Thursday, December 11, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Anggur / Grape / Vitis vinivera

Anggur adalah buah yang unik karena dapat dijadikan minuman dengan rasa yang enak dan tidak dapat basi. Berikut manfaat dari mengkonsumsi buah anggur:








Mengurangi risiko kanker

Kandungan resveratrol ditemukan dalam jus anggur mencegah pembentukan tumor dalam tubuh. Anggur ungu diketahui dapat mencegah kanker payudara. Buah anggur merah memiliki kandungan Antioksidan yang dapat membantu sel-sel memperbaiki kerusakan dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit. 

Melindungi mata dari penyakit katarak
Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas penyebab katarak.




Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah. Dengan mengkonsumsi anggur, tingkat oksida nitrat meningkat dalam tubuh, sehingga mengurangi pembentukan bekuan dalam pembuluh darah.

Meringankan asma
Buah anggur memiliki kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru sehingga bisa menurunkan masalah sesak napas.

Mengontrol tingkat kolesterol darah
Pterostilbene adalah senyawa dalam buah anggur yang bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

Mengobati susah buang air besar
Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.

Sumber gula darah yang baik

Di dalam buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur. 


Bahan Anti Mikroba 
Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini di dapat dari dalam buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan. 






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram anggur:

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat18.1 g
Gula15.48 g
Serat pangan0.9 g
Lemak0.16 g
Protein0.72 g
Thiamine (Vit. B1)0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2)0.07 mg (5%)
Niacin (Vit. B3)0.188 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5)0.05 mg (1%)
Vitamin B60.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9)2 μg (1%)
Vitamin B120 μg (0%)
Vitamin C10.8 mg (18%)
Vitamin K22 μg (21%)
Kalsium10 mg (1%)
Besi0.36 mg (3%)
Magnesium7 mg (2%)
Mangan0.071 mg (4%)
Fosfor20 mg (3%)
Kalium191 mg (4%)
Natrium3.02 mg (0%)
Seng0.07 mg (1%)


Anggur dapat pula diolah menjadi minuman dengan melalui proses fermentasi, berikut proses pembuatannya:


Proses pembuatan wine dimulai dengan diperasnya buah menjadi sari buah. Hasil perasan ini kemudian disimpan dalam tong kayu atau logam bersama dengan ragi selama beberapa minggu. Mikroorganisme yang ada dalam sari buah tersebut mengkonsumsi gula yang ada dalam perasan buah dan menghasilkan alkohol dan karbondioksida. Karena hanya diletakkan dalam tong, gas karbondioksida akhirnya terlepas ke udara. Hasil fermentasi ini yang akhirnya menjadi wine.



Wine yang telah jadi dapat diolah lebih lanjut menjadi sparkling wine, yaitu wine yang mengandung soda sehingga tampak butiran-butiran kecil berkilau dalam minuman ini. Sparkling wine dapat berbentuk red wine, white wine maupun rose wine. Sparkling wine mengalami 2 kali fermentasi.

Anggur yang sudah menjadi wine ditambahkan liqueur atau sejenis arak kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol yang ditutup dengan sumbat. Botol disimpan di dalam ruang bawah tanah dengan suhu sekitar 10 derajat Celcius dan ditumpuk secara horizontal selama beberapa bulan. Wine mulai mengalami fermentasi. Mikroorganisme menghasilkan lebih banyak karbondioksida. Hanya saja, kali ini karbondioksida tidak terlepas ke udara karena tertutup sumbat botol. sehingga terciptanya sparkling wine yang memiliki banyak soda.


Jenis Wine

Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir.

White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur putih yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc.

Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine.

Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne.

Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga membuat rasanya menjadi manis.

Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20.5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya.




No comments :

Post a Comment