OPview

OPview

Monday, December 22, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Pisang / Banana / Musa paradisiaca

Buah pisang tentu sangat tidak asing di telinga kita, buah dengan rasa unik dan mengenyangkan. Berikut manfaat mengkonsumsi buah pisang:




Memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil
Buah pisang mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Membantu menurunkan tekanan darah
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita.

Mengurangi risiko terkena sakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Menjaga kesehatan pencernaan
Dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dan mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Selain itu kandungan pektin yang terdapat pada buah pisang juga mampu mencegah sembelit. Manfaat buah pisang ini bisa didapatkan dengan cara rutin mengkonsumsi pisang sehingga juga dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena kanker lambung.

Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat buah pisang bagi kesehatan ginjal karena Kandungan potasium yang dimilikinya. Jika tubuh kita mendapatkan asupan potasium yang cukup, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat ginjal berfungsi secara optimal serta dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Menjaga kesehatan tulang
Fructooligosaccharide adalah salah satu prebiotik baik yang terdapat pada buah pisang yang dapat membuat tubuh kita menyerap nutrisi secara lebih mudah dan maksimal. Jika kalsium terserap secara maksimal maka akan membuat tulang menjadi sehat dan kuat. serta akan mencegah terjadinya osteoporosis.





Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah pisang:

Kalori : 90 kkal
Karbohidrat : 22,84 g
Gula : 12,23 g
Serat : 2,26 g
Lemak : 0,33 g
Protein : 1,09 g
Vitamin A : -
Tiamin (vit. B1) : 0,031 mg
Ribloflavin (vit. B2) : 0,073 mg
Niasin (vit. B3) : 0,665 mg
Asam Fantothanik (vit. B5) : 0,334 mg
Vitamin B6 : 0,367 mg
Folat (vit. B9) : 58 mg
Kalsium : 8,7 m9
Besi : 5 mg
Vitamin C : 0,26 mg
Magnesium : 27 mg
Fosfor : 22 mg
Potasium : 358 mg
Seng : 0,15 mg

No comments :

Post a Comment