OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Stroberi / Strawberry / Fragaria daltoniana

Buah Stroberi merupakan buah yang memiliki tampilan yang cantik di luar dan di dalam. Buah ini merupaka salah satu jenis berry. Berikut manfaat mengkonsumsi buah stroberi:





Mengurangi risiko terkena kanker
Salah satu manfaat buah strawberry yang kaya akan antioksidan adalah untuk mencegah timbulnya penyakit kanker. Buah strawberry memiliki kandungan antioksidan bernama asam ellagik yang berfungsi untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung
Tingginya kandungan serat pada strawberry membuat buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi serat yang cukup akan mencegah menumpuknya kolesterol di dalam darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, stroke, serta penyumbatan pembuluh darah. Anti - oksidan yang ditemukan dalam buah strawberry berupa perpaduan antara vitamin C dan anthocyanidins, dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan, serta mencegah pembentukan bekuan darah dalam pembuluh darah.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Berbicara mengenai daya tahan tubuh tak akan lepas dari peran vitamin C yang merupakan senyawa penting penyusun imun tubuh. Buah strawberry sendiri menyediakan vitamin C yang sangat melimpah karena dalam setiap 100 gram buah strawberry, terkandung 58,8 mg vitamin C yang berarti telah memenuhi 71% kebutuhan vitamin C harian.

Menjaga kesehatan kulit
Salah satu cara ampuh untuk mengurangi dampak buruk sinar UV ini adalah dengan mengkonsumsi buah strawberry yang kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kedua zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menjaga sel kulit manusia dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga kesehatan otak
Buah strawberry mengandung yodium serta zat fitonutrien yng merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh otak. Fitonutrient berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel-sel otak yang rusak sementara yodium berfungsi untuk memaksimalkan fungsi saraf tubuh.

Mencegah cacat lahir
Kandungan folat (vitamin B9) dan kolin yang tinggi dalam buah strawberry membuat buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang mengandung. Kedua zat ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan awal otak janin. Ibu yang mengkonsumsi cukup folat dan kolin selama mengandung akan mempunyai resiko yang lebih kecil bayi lahir cacat.

Menghilangkan jerawat
Vitamin C, Alpha Hydroxy Acids ( AHA ), asam salisilat dan flavonoid dalam buah strawberry membantu dalam membersihkan jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Dengan demikian, buah strawberry merupakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Menjaga kesehatan pencernaan
Karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah strawberry sehingga dapat merangsang sekresi saliva dan cairan lambung, dengan demikian dapat meningkatkan pencernaan terutama terhadap protein. Selain itu, serat yang terkandung dalam strawberry sangat efektif untuk mengurangi sembelit dan membersihkan usus besar.

Menurunkan kolesterol jahat
Strawberry kaya akan phyto - nutrisi yang merupakan jenis senyawa yang berperan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga lah yang membuat warna dan juga bau pada buah strawberry. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat oksidasi low density lipo - protein ( LDL ) .

Menjaga kesehatan tulang
Kandungan mangan, kalium dan juga vitamin K dalam strawberry dapat membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari agar tulang anda lebih kuat dan sehat.





Berikut kandungan dalam 100 gram buah stroberi:

Informasi Giziper 100 gram (g)
Energi134 kj
32 kkal
Lemak0,3 g
Lemak Jenuh0,015 g
Lemak tak Jenuh Ganda0,155 g
Lemak tak Jenuh Tunggal0,043 g
Kolesterol0 mg
Protein0,67 g
Karbohidrat7,68 g
Serat2 g
Gula4,66 g
Sodium1 mg
Kalium153 mg


Berikut kandungan dalam 100 gram buah stroberi menurut sumber lain:

Energi30 Kkal
Protein0,6 g
Lipid (total)0,4 g
Karbohidrat7 g
Serat0,5 g
Abu0,4 g
Kalsium14 mg
Besi0,4 mg
Magnesium10 mg
Fosfor19 mg
Kalium166 mg
Natrium1 mg
Zn, Cu, dan Mn< 0,5mg
Vitamin C56,7 mg
Lemak Jenuh0,02 mg
Lemak tidak jenuh monolipid0,052 mg
Lemak tidak jenuh polilipid0,186 mg
Kolesterol0
Fitosterol12 mg
Asam amino522 m
BDD96%

No comments :

Post a Comment