OPview

OPview

Thursday, December 11, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Apel / Apple / Malus sylvestris

Apel adalah buah yang memiliki tekstur yang renyah dan gurih dengan variasi warna yang cukup beragam mulai dari merah, hijau, dan kuning. Berkut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah apel:



Mengurangi risiko kanker (usus besar, hati, prostat, paru-paru, payudara)
Serabut dalam apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar. Kandungan anti oksidan dalam kulit buah apel jauh lebih besar dibandingkan dengan dalam buah apel.

Mengurangi kolesterol
Serat apel juga dapat membantu mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol, karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi. Kandungan pektin (sejenis serat), serta polifenol (anti-oksidan) akan mengikis dan menghilangkan kadar koelsterol jahat dalam darah serta mencegah terjadinya oksidasi LDL dalam tubuh.

Memperkuat jantung
Kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel mampu meningkatkan kualitas jantung. Serangan jantung, stroke, dan penyakit yang menyerang arteri berkaitan dengan kolesterol jahat (kolesterol LDL). Di sini, apel bisa membantu Anda untuk mencegahnya karena apel memiliki kemampuan menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga 23 persen. Uniknya, apel berhasil menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah segala macam penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke tersebut tanpa efek samping seperti obat penurun kolesterol lainnya.

Membantu proses diet
Kandungan serat larut dalam buah tersebut mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga gangguan kesehatan seperti diare maupun sembelit tidak akan anda alami lagi. Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes. Kandungan nutris dan vitamin serta mineral dalam buah apel akan mencukupi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin. Buah apel mempunyai tekstur yang renyah sehingga memakannya harus mengunyah, dan mengunyah ini juga bagus karena bisa mberfungsi sebagai senam wajah dan menjaga ke aktifan otot sekitar mulut.

Mencagah asma
Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki resiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

Melindungi tulang
Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

Mencegah Al-zheimer
Kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.



Meningkatkan kemampuan mengingat

Berdasarkan penelitian dari University of Massachusetts Lowell, mengonsumsi apel bisa meningkatkan produksi senyawa kimia yang menjadi penghubung antar sel otak yang bernama acetylcholine. Acetylcholine adalah hormon yang memiliki banyak fungsi termasuk membantu otak membentuk struktur baru yang pada gilirannya akan membantu otak lebih mudah mengingat. Selain itu, zat ini juga mencegah penurunan kemampuan mental pada orang yang sudah lanjut usia.







Biji apel sedikit beracun karena mengandung sedikit amigdalin, sejenis glikosida sianogen. Akan tetapi, racun ini tidak cukup berbahaya bagi manusia.



Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah apel:


Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat13.81 g
- Gula10.39 g
- Serat pangan2.4 g
Lemak0.17 g
Protein0.26 g
Air85.56 g
Vitamin A equiv.3 μg (0%)
Thiamine (Vit. B1)0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2)0.026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3)0.091 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5)0.061 mg (1%)
Vitamin B60.041 mg (3%)
Folat (Vit. B9)3 μg (1%)
Vitamin C4.6 mg (8%)
Kalsium6 mg (1%)
Besi0.12 mg (1%)
Magnesium5 mg (1%)
Fosfor11 mg (2%)
Kalium107 mg (2%)
Seng0.04 mg (0%)

No comments :

Post a Comment