OPview

OPview

Thursday, January 1, 2015

Manfaat dan Kandungan Bawang Daun / Green onion / Allium fistulosum

Berikut manfaat mengkonsumsi bawang daun / daun bawang:



Menjaga kesehatan jantung
Daun bawang juga terkenal menyehatkan untuk jantung Anda. Daun bawang juga mengandungpolysulfides yang melindungi Anda dari penyakit jantung. Sayuran jenis ini memiliki bayak manfaat kareana mengandung banyak mineral. Mineral yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Mineral lainnya juga akan hadir untuk membuat jantung Anda semakin sehat.

Mengatasi anemia
Penderita anemia sebaiknya mengkonsumsi sayuran ini karena daun bawang mengandung banyak sumber zat besi. Daun bawang mengandung protein ferroportin yang membawa zat besi ke dalam dan luar sel. Zat besi juga membantu tubuh meningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Ini merupakan manfaat utama yang dihasilkan dari daun bawang. Bagian bawahnya yang berwarna putih juga mengandung allicin, yang merupakan senyawa belerang yang memberikan aroma tajam pada daun bawang tersebut. Senyawa belerang inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi risiko terkena kanker
Pektin yang terkandung dalam dau bawang, bisa secara signifikan mengurangi terjadinya penyakit kanker usus besar, memiliki efek antikanker. Allicin dalam bawang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ; bawang juga mengandung selenium, dapat mengurangi kadar nitrit asam lambung dalam getak lambung, memiliki khasiat tertentu terhadap pencegahan kanker lambung dan berbagai jenis kanker lainnya.

Mencegah diabetes
Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram bawang daun:

Energi255 kj
61 kkal
Lemak0,3 g
Lemak Jenuh0,04 g
Lemak tak Jenuh Ganda0,166 g
Lemak tak Jenuh Tunggal0,004 g
Kolesterol0 mg
Protein1,5 g
Karbohidrat14,15 g
Serat1,8 g
Gula3,9 g
Sodium20 mg
Kalium180 mg

No comments :

Post a Comment