OPview

OPview

Tuesday, December 16, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Kesemek / Persimmon / Diospuros kaki

Berikut manfaat mengkonsumsi buah kesemek:





Mengurangi risiko terkena kanker
Buah kesemek mengandung zat agen anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat bermutasi dari sel-sel sehat menjadi sel kanker atau dapat menimbulkan kerusakan sistem organ. Antioksidan dalam buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindunginya terhadap berbagai macam penyakit. Kesemek mengandung tinggi vitamin C dan vitamin A, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins, yang langsung terkait ke pencegahan berbagai jenis kanker. Seiring dengan sifat antioksidan yang dapat mengurangi kemungkinan resiko kanker, kesmek juga dapat menurunkan risiko perkembangan tumor. Kesemek mengandung asam betulinic, yang terbukti merupakan senyawa anti-tumor. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terkena tumor dengan jalan menginduksi apoptosis. Jika Anda sudah memiliki tumor, makan buah kesemek dapat mengurangi ukuran dan menghentikan perkembangannya menjadi kanker.

Mengurangi tanda-tanda penuaan
Kesemek kaya akan beberapa vitamin, khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthins. Ini semuanya juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, khusus untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput, bintik-bintik hitam akibat usia, serta mencegah penyakit Alzheimer(pikun), kelelahan, penglihatan, dan kelemahan otot.

Menyehatkan mata
Beberapa senyawa dalam buah kesemek juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata. Zeaxanthin, yang merupakan anggota dari vitamin B kompleks, secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena sifatnya sebagai zat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa Zeaxanthin dapat mengurangi degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

Menyehatkan jantung
Kalium adalah mineral lain yang ditemukan dalam jumlah yang cukup signifikan dalam buah kesemek. Kalium dapat bertindak sebagai vasodilator, dan menurunkan tekanan darah, sehingga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai macam penyakit jantung.

Mengatasi tekanan darah tinggi
Buah kesemekk dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, jadi jika Anda menderita hipotensi (tekanan darah rendah), itu bisa membahayakan.







Kandungan gisi tiap 100 gram buah kesemek sebagai berikut:

Karbohidrat 18,59 gram
Protein 0,58 gram
Vitamin A  1,2 mg
Vitamin B Kompleks  11,4 mg
Vitamin C  7,5 mg
Vitamin E  0,73 mg
Vitamin K  0,026 mg
Kalsium  8 mg
Besi  0,15 mg
Magnesium  9 mg
Mangan  0,36 mg
Fosfor  17 mg
Potasium  161 mg
Sodium  1 mg
Seng  0,11 mg

No comments :

Post a Comment