OPview

OPview

Thursday, January 1, 2015

Manfaat dan Kandungan Kentang / Potato / Solanum tuberosum

Berikut manfaat mengkonsumsi kentang:





Meningkatkan daya tahan tubuh
Kentang segar dengan kulitnya adalah sumber antioksidan dari vitamin, yaitu vitamin-C. 100 g umbi segar menghasilkan 11,4 mg, atau 20% dari tingkat yang dibutuhkan harian vitaminC. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin-C akan membantu tubuh menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan dampak radikal bebas. 

Mengurangi risiko terkena kanker
Kandungan antioksidan flavonoid, quercetin pada kentang memiliki sifat anti-kanker dan kardio-protektif properti. Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. 

Menjaga kesehatan pencernaan
Kentang adalah sumber alam serat larut dan serta tidak larut yang baik. Serat makanan yang terdapat pada kentang, membantu mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol makanan dan menurunkan kolesterol jahat LDL . Selain itu, serat juga akan membantu melindungi dari penyakit polip usus dan kanker. 

Mengurangi kadar kolesterol jahat
Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

Menjaga kesehatan tulang
Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

Menjaga kesehatan jantung
Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

Membantu pembentukan sel
Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.





Berikut kandungan gisi dalam 100 gram kentang:

Energi 70 Kcal 3,5%
Karbohidrat 15,90 g 12%
Protein 1,89 g 3%
Total Lemak 0.10 g 0.5%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2,5 g 7%


Folat 18mcg 4,5%
Niacin 1,149 mg 7%
Asam pantotenat 0,279 mg 6%
Pyridoxine 0.239 mg 18%
Riboflavin 0.038 mg 3%
Thiamin 0,081 mg 7%
Vitamin A IU 7 <1%
Vitamin C 11.4 mg 20%
Vitamin K 2,9 mcg 2,5% Elektrolit
Sodium 6 mg 0,4%
Kalium 455 mg 10%

Kalsium 10 mg 1%
Besi 0,73 mg 9%
Magnesium 22mg 5,5%
Mangan 0.141mg 6%
Fosfor 61 mg 9%
Zinc 0.33 mg 3%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 4 mcg –
Crypto-xanthin-ß 0 mcg –
Lutein-zeaxanthin 21 mcg -

No comments :

Post a Comment