OPview

OPview

Sunday, December 14, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Delima / Pomegranate / Punica granatum

Delima adalah buah yang memiliki daging dengan warna merah yang mengagumkan dengan berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah delima:





Membantu mencegah alergi
Delima kaya akan polifenol dosis tinggi yang telah terbukti mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

Mencegah penyakit jantung
Delima meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dalam sistem vaskular.

Melindungi hati dan ginjal
Ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

Membantu mencegah kanker
Penelitian pada buah delima telah dipusatkan pada kemampuan jus delima berkonsentrasi untuk menghambat perkembangan kanker prostat , payudara , usus besar dan juga kanker paru-paru. Zat ellagitannins dalam buah delima berhasil mencegah sel-sel kanker menjadi aktif dan berkembang. Penelitian tambahan menunjukkan penurunan aliran darah ke tumor yang membantu mencegah sel-sel kanker untuk memperoleh nutrisi. buah delima juga mengandung sebuah senyawa antioksidan yang disebut dengan ellagitannins dan polifenol. Kedua zat ini diketahui mampu melindungi tubuh dari kerusakan sampai pada tingkat sel. Seperti yang kita tahu, antioksidan memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh untuk menangkal masuknya radikal bebas di dalam tubuh.

Mencegah aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan sebuah gangguan pada pembuluh darah di mana arteri mengalami penyumbatan karena penumpukan kadar kolesterol, lemak bersama dengan bahan lainnya. Sifat antioksidan dari delima menghindari low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dari oksidasi. Menunjukkan bahwa buah delima mampu mencegahpengerasan dinding arteri bersama dengan lemak atau bahan lainnya, sehingga menjadikan arteri Anda bebas dari lemak dan mengalir dalam darah bersama dengan zat anti - oksidan.

Meningkatkan kesuburan dan fungsi seksual
Delima mengandung oksida nitrat, yaitu zat yang memungkinkan otot-otot polos di dinding pembuluh darah - seperti di penis untuk dapat meningkatkan aliran darah. Termasuk dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah hingga ke rahim wanita. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada buah delima juga dapat berperan dalam membantu menyehatkan lapisan pada dinding rahim yang dapat menunjang kesuburan wanita.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Buah delima membantu mengurangi tingkat tekanan darah individu dengan tekanan darah tinggi karena delima mengandung kalium , dan berdampak sangat baik untuk menurunkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan jantung
Buah delima mengandung sebuah senyawa kimia bernama flavonoid yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Zat ini akan diserap oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta terbukti dapat mencegah penyakit jantung. Zat antioksidan dalam delima juga terbukti dapat mengurangi kadar gula darah yang berpotensi dapat menyumbat pembuluh darah.

Menjaga kesehatan kulit
Buah delima kaya akan antioksidan dan asam folat yang berguna untuk menjaga kulit tetap sehat. Menggunakan buah delima sebagai lulur kulit juga terbukti dapat mengangkat sel kulit mati sehingga berbagai masalah kulit seperti bintik hitam, kulit kusam, kering, serta jerawat dapat diatasi.




Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah delima:


Nutritional value per 100 g (3.5 oz)
Energy346 kJ (83 kcal)
Carbohydrates
18.7 g
Sugars13.67 g
Dietary fiber4 g
Fat
1.17 g
Protein
1.67 g
Vitamins
Thiamine (B1)
(6%)
0.067 mg
Riboflavin (B2)
(4%)
0.053 mg
Niacin (B3)
(2%)
0.293 mg
Pantothenic acid (B5)
(8%)
0.377 mg
Vitamin B6
(6%)
0.075 mg
Folate (B9)
(10%)
38 μg
Choline
(2%)
7.6 mg
Vitamin C
(12%)
10.2 mg
Vitamin E
(4%)
0.6 mg
Vitamin K
(16%)
16.4 μg
Trace metals
Calcium
(1%)
10 mg
Iron
(2%)
0.3 mg
Magnesium
(3%)
12 mg
Manganese
(6%)
0.119 mg
Phosphorus
(5%)
36 mg
Potassium
(5%)
236 mg
Sodium
(0%)
3 mg
Zinc
(4%)
0.35 mg


No comments :

Post a Comment