OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Rambutan / Nephelium lappaceum

Berikut manfaat mengkonsumsi buah rambutan:





Mengurangi risiko terkena kanker
Kulit, biji dan buah rambutan mengandung antioksidan tinggi yang dinamakan flavonoid. Flavonoid ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan (antiinflamasi) dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker (antikanker). Asam Gallic yang terkandung didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker. Rambutan juga kaya akan serat yang diketahui mampu melindungi selaput dinding usus besar dari bahaya zat karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya kanker.

Menjaga kesehatan ginjal
Fosfor merupakan salah satu jenis mineral yang bertanggungjawab untuk menyaring zat-zat buangan di dalam organ ginjal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup fosfor akan menghindarkan ginjal dari kemungkinan menumpuknya zat-zat sisa yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Mencegah anemia
Kandungan zat besi dalam buah rambutan mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga tubuh dapat terhindar dari anemia (kurang darah merah). Anemia sendiri merupakan salah satu penyebab badan mudah mengalami kelelahan. Selain itu, kandungan mineral potasium dalam buah ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan oksigen sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah.

Membantu menurunkan berat badan
Rasa manis dalam buah ini disebabkan karena zat fruktosa, yaitu zat gula yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh untuk dijadikan sebagai energi. Buah rambutan juga mengandung serat dalam jumlah yang cukup banyak. Di dalam setiap 100 gram buah rambutan, terkandung 1 gram serat. Serat sendiri merupakan salah satu jenis karbohidrat yang dapat membuat anda kenyang lebih lama.




Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah rambutan:

Energi 343 kJ (82 kcal)
Karbohidrat 20.87 g
Serat 0.9 g
Lemak 0.21 g
Protein 0.65 g

Thiamine (vit. B1) 0.013 mg (1%)
Riboflavin (vit. B2) 0.022 mg (2%)
Niacin (vit. B3) 1.352 mg (9%)
Vitamin B6 0.02 mg (2%)
Folate (vit. B9) 8 μg (2%)
Vitamin C 4.9 mg (6%)
Calcium 22 mg (2%)
Iron 0.35 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Manganese 0.343 mg (16%)
Phosphorus 9 mg (1%)
Potassium 42 mg (1%)
Sodium 11 mg (1%)
Zinc 0.08 mg (1%)

No comments :

Post a Comment