OPview

OPview

Wednesday, January 14, 2015

Manfaat dan Kandungan Bawang Bombay / Onion / Allium cepa L.

Berikut manfaat mengkonsumsi bawang bombay:



Mengurangi risiko terkena kanker
Bawang bombai mengandung kuersetin (quercetin) dan senyawa flavonoid lainnya yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Flavanoid merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kuersetin telah diketahui dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan tumor dan melindungi sel-sel dari ancaman kanker, terutama kanker usus besar.

Mengontrol kadar gula dalam darah
Makan bawang bombay dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah. Bawang bombay mengandung alil-propil-disulfida dan mineral krom (chromium) yang membantu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang membantu penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

Melancarkan peredaran darah
Bawang bombai mengandung fitokimia, zat kimia atau nutrien yang dapat membantu vitamin C mengoptimalkan fungsinya terhadap tubuh. Adanya fitokimia dalam bawang bombai juga dapat meredakan inflamasi dan melancarkan peredaran darah, sehingga pada akhirnya dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular.

Sebagai anti inflamasi
Bawang bombay kaya akan quercetin, suatu antioksidan yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi (anti-radang) dan anti-alergi.

Menjaga kesehatan otak
Bawang bombay banyak mengandung vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, folat dan thiamin yang merupakan nutrisi penting bagi otak dan berperan dalam mencegah gangguan syaraf.

Menjaga kesehatan tulang
Bawang bombay mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Bawang bombay kaya antioksidan berupa vitamin C, quercetin, dan mineral mangan yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan demam dan influenza.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram bawang bombay:

Informasi Giziper 100 gram (g)
Energi393 kj
94 kkal
Lemak4 g
Lemak Jenuh0,735 g
Lemak tak Jenuh Ganda1,251 g
Lemak tak Jenuh Tunggal1,752 g
Kolesterol0 mg
Protein1,51 g
Karbohidrat14,24 g
Serat1,8 g
Gula3,9 g
Sodium282 mg
Kalium163 mg


No comments :

Post a Comment