OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Pepaya / Papaya / Carica papaya

Pepaya adalah buah yang berbentuk lonjong dengan rasa yang manis saat matang dan memiliki biji yang mudah dibersihkan. Berikut manfaat mengkonsumsi buah pepaya:






Menjaga kesehatan jantung
Biji/benih pepaya baik untuk kesehatan jantung, setelah tiga vitamin antioksidan kuat yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Pepaya membantu mencegah masalah seperti aterosklerosis, penyakit jantung dan diabetes. Keberadaan fitonutrien pro-karotenoid membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Oksidasi kolesterol yang menempel dan terjadi pada dinding pembuluh darah akan membentuk plak yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Vitamin E dan vitamin C yang diperoleh dari pepaya akan membantu mencegah kolesterol menempel ke dinding pembuluh darah, sehingga menjaga jantung menjadi tetap sehat. Pepaya juga sumber serat yang baik, pepaya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Memperindah payudara
Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Sebagai anti inflamasi
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Mengatasi sembelit
keberadaan folat, vitamin C dan vitamin E dalam pepaya dapat mengurangi mabuk, karena dengan memproduksi efek tonik pada lambung dan usus. Jus pepaya atau dalam bentuk pepaya matang juga membantu pencernaan. Serat dari buah pepaya akan membantu meningkatkan gerakan usus. Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Mengurangi risiko terkena kanker
Pepaya kaya nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid; vitamin B, asam folat dan pantotenat, dan mineral, kalium dan magnesium, dan serat. Bersama-sama, memberitkan kesehatan sistem kardiovaskular dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar. Selain itu, pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang digunakan seperti bromelain, enzim serupa yang ditemukan pada nanas, untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi.

Menjaga kesehatan kulit
Pepaya bisa menjadikan peremajaan kulit yang signifikan. Dan hal ini juga telah digunakan dalam banyak kosmetik. Juga, pepaya biasanya digunakan sebagai masker wajah buatan sendiri oleh banyak wanita. Papain akan membunuh sel-sel mati dan akan membersihkan kulit. Sifat menguntungkan lain dari enzim penyembuhan yang ada dalam pepaya dapat mengobati kulit yang terbakar dan kulit yang teriritasi. Pijat pada wajah menggunakan pepaya baik untuk kulit dan akan menghilangkan sel-sel kulit yang mati. Jika Anda adalah orang yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, maka pepaya akan sangat membantu Anda, karena pepaya akan melawan radikal bebas penyebab penuaaan kulit Anda. Kulit pepaya juga dapat digunakan untuk menggosok kulit wajah dan tangan, bukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, melainkan akan menjadi keajaiban bagi kulit Anda. Pepaya juga digunakan untuk mengobati gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, luka-luka dan bisul.

Menjaga kesehatan ginjal
Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Membantu vitalitas pria
Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.







Berikut kandungan dalam 100 gram buah pepaya:


Energi 46 kkal
Protein 0,5 gr
Lemak 0 gr
Karbohidrat 12,2 gr
Kalsium 23 mg
Fosfor 12 mg
Zat Besi 2 mg
Vitamin A 365 IU
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin C 78 mg


Berikut kandungan dalam 100 gram buah pepaya menurut sumber lain:

Energi163 kj
39 kkal
Lemak0,14 g
Lemak Jenuh0,043 g
Lemak tak Jenuh Ganda0,031 g
Lemak tak Jenuh Tunggal0,038 g
Kolesterol0 mg
Protein0,61 g
Karbohidrat9,81 g
Serat1,8 g
Gula5,9 g
Sodium3 mg
Kalium257 mg


Efek samping mengkonsumsi pepaya pada kondisi tertentu:

Pepaya telah digolongkan berbahaya pada kehamilan. Hal ini karena buah ‘terlalu panas’. Lateks yang tinggi dalam pepaya tinggi pada buah mentah dan setengah matang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang mungkin menyebabkan kegu*uran. Hindari makan pepaya mentah jika Anda sedang hamil.

Mengkonsumsi pepaya terlalu banyak dapat menyebabkan efek pencahar yang kuat dalam usus. Hindari makan pepaya terlalu banyak, terutama jika masih mentah. Buah mentah pepaya dapat menyebabkan nyeri pada usus, atau perut dan kadang-kadang terjadi perforasi esofagus.

Benih hitam pepaya mengandung enzim yang disebut carpine, dimana ini berpotensi sebagai zat beracun. Menurut informasi Biopark Foundation Internasional, tentang Tanaman Obat dari Amazon-Peru, enzim ini dapat membuat syaraf pusat mati rasa, yang berdampak dapat menyebabkan kelumpuhan atau depresi jantung. Dalam beberapa kasus, penyempitan pembuluh darah ada yang disebabkan oleh Carpine atau carparine.

No comments :

Post a Comment