OPview

OPview

Sunday, December 14, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Durian / Durio Zibethinus

Durian adalah salah satu jenis buah yang digemari orang karena rasa dan bau yang harum (untuk yang mencintai durian tentunya). Buah ini ditakuti banyak orang karena menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat tetapi ini untuk kasus mengkonsumsi durian dalam jumlah berlebih. Kandungan durian yang utama perlu diwaspadai adalah kalorinya. Setiap 100 gram durian memiliki kalori sekitar 120-180 kalori. Satu durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600 – 900 kalori. Bila Anda memakan empat buah durian itu, maka tubuh Anda akan mendapatkan ledakan energi instan sebesar 2.400 -3.600 kalori, jauh melebihi kebutuhan harian rata-rata. Oleh karena itu, bila Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, Anda harus berhati-hati bila mengonsumsi durian.

Berikut manfaat mengkonsumsi buah durian:





Mengurangi risiko kanker
Buah durian merupakan sumber yang baik antioksidan dari vitamin C (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh menjadi kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.
Buah durian juga merupakan sumber kelompok vitamin B-kompleks, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan thiamin (vitamin B-1) .

Sebagai suplemen makanan
Buah durian teksturnya lembut,sehingga mudah dicerna karena terbuat dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika durian dimakan, maka ia akan segera menghasilkan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung. Meskipun mengandung lemak yang relatuf lebih tinggi daripada buah-buahan lain, durian bebas lemak jenuh dan kolesterol. Dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.

Mencegah depresi
Buah durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat di rubah dalam tubuh menjadi serotonin (mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin). Serotonin inilah yang akan berperan menangkal depresi.

Menjaga kestabilan tekanan darah
Buah durian adalah sumber yang sangat kaya kalium. Kalium adalah elektrolit yang penting dalam sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.Buah durian juga mengandung mangan yang berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi.

Mencegah dan mengatasi sembelit 
Durian kaya akan serat, nutrisi penting yang dapat menyerap air dan memperlancar jalannya makanan menuju sistem pencernaan sehingga membantu kelancaran buang air besar secara teratur. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah durian juga dapat menambah massa ukuran tinja sehingga efektif mencegah dan mengatasi sembelit.

Membantu mencegah anemia
Anemia (penyakit darah, sel darah merah di bawah normal) tidak selalu disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Kekurangan folat juga dapat menyebabkan salah satu jenis anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat, juga disebut vitamin B9, diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Buah durian itu sendiri adalah salah satu sumber vitamin B9.

Menjaga kesehatan kulit
Buah durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah faktor penting dalam membuat kolagen, protein penting yang ditemukan dalam pembuluh darah, ligamen, tendon, tulang, dan kulit. Vitamin C berperan besar dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Meringankan sakit kepala
Mengkonsomsi durian juga membantu meringankan sakit kepala. Riboflavin atau vitamin B (29%) dalam durian membantu mengobati migrain. Selain itu durian juga memiliki sejumlah manfaat lain. Antara lain, kandungan Kaliumnya (30%) yang baik untuk tulang, Tembaga (25%) yang bermanfaat dalam penyerapan hormon, Folat (22%) yang baik dalam menjaga kehamilan dan Magnesium (18%) yang bermanfaat untuk mengendurkan saraf dan otot. 




Kandungan gisi dalam 100 gram buah durian sebagai berikut:


Nilai gizi per 100 g.
ZatNilai% AKG
Energi147 Kkal7%
Karbohidrat27,09 g21%
Protein1,47 g2,5%
Lemak5,33 g20%
Kolesterol0 mg0%
Serat Diet3,8 g10%
Vitamin
Folat36 mcg9%
Niasin1,074 mg7%
Asam Pantotenat0,230 mg4,5%
Piridoksin0,316 mg24%
Riboflavin0,200 mg15%
Thiamin0,374 mg31%
Vitamin A44 IU15%
Vitamin C19,7 mg33%
Elektrolit
Natrium2 mg0%
Kalium436 mg9,5%
Mineral
Kalsium6 mg0,6%
Tembaga0,207 mg23%
Besi0,43 mg5%
Magnesium30 mg7,5%
Mangan0,325 mg14%
Fosfor39 mg6%
Zinc0,28 mg2,5%
Fitokimia
Karoten-alfa6 mcg
Karoten-beta23 mcg

No comments :

Post a Comment