OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Salak / Salacca edulis

Berikut manfaat mengkonsumsi buah salak:





Mengurangi risiko terkena kanker
Buah salak mengandung banyak vitamin C yang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri merupakan senyawa antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kekurangan konsumsi vitamin C dapat memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan seperti flu, radang sendi, kulit kasar, hingga kolesterol tinggi dan kanker.

Membantu program diet
Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Mencegah anemia
Zat besi merupakan salah satu senyawa yang memiliki peranan penting dalam proses pembentukan sel darah merah manusia. Buah salak merupakan salah satu makanan sumber zat besi yang mampu memenuhi 30% kebutuhan zat besi harian manusia. Di dalam tubuh, zat besi bersama dengan protein akan membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah. Kekurangan zat besi pada tubuh seringkali memicu penyakit kekurangan darah merah atau yang biasa disebut dengan anemia.

Mencegah sembelit
Buah salak merupakan buah kaya serat yang dapat melancarkan pencernaan makanan serta mencegah perut sembelit. Selain itu, kulit ari buah salak juga diketahui mengandung senyawa kimia tertentu yang berfungsi untuk mengurangi sembelit. Untuk itu, jangan buang kulit ari salak saat anda sedang mengkonsumsi buah ini.





Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah salak:

Energi 368 Kcal
Lemak 0,4 gram
Karbohidrat 20,9 mg
Protein 0,8 gram
Vitamin C 8,4 mg
Vitamin B 0,04 mg
Kalsium 38 mg
Besi 3,9 mg
Fosfor 18 mg

1 comment :

  1. wah bagus sekali manfaatnya ya.. terimakasih untuk artikelnya, pembahasan yang cukup menarik

    http://tokoonlineobat.com/obat-kanker-payudara-alami/

    ReplyDelete