OPview

OPview

Tuesday, December 23, 2014

Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya / Annona squamosa

Berikut manfaat mengkonsumsi buah srikaya:





Mengurangi risiko terkena kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Menjaga kesehatan jantung
Srikaya juga mempunyai manfaat yang sangat baik dimana buah ini mampu menjaga fungsi otot polos jantung dan mencegah kram otot jantung. Kandungan magnesium (21 mg per 100 gram atau 5 %) yang terdapat pada buah srikaya inilah yang berperan dalam hal ini.

Menjaga kesehatan pencernaan
Buah srikaya ini juga mampu untuk membantu memperlancar pencernaan dan juga buang air besar dan juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Hal ini disebabkan keran buah srikaya ini memilki kandungan serat larut alami (4,4 mg per 100 gram atau 12 %).

Menjaga kesehatan jantung
Srikaya juga mempunyai manfaat yang sangat baik dimana buah ini mampu menjaga fungsi otot polos jantung dan mencegah kram otot jantung. Kandungan magnesium (21 mg per 100 gram atau 5 %) yang terdapat pada buah srikaya inilah yang berperan dalam hal ini. Kandungan kalium (247 mg per 100 gram atau 5%) yang terkandung di dalam buah srikaya ini mampu menurunkan tekanan darah. Jadi bagi anda yang memilik tekanan darah tinggi sepertinya sangat cocok untuk mengkonsumsi buah ini.

Membantu meningkatkan kolesterol baik
Kandungan niacin (0,883 mg per 10 gram atau 5,5%) pada buah srikaya ini mampu meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Sementara serat tambahan yang terkandung di dalamnya juga mampu memperlambat penyerapan gula dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram buah srikaya:

Energi 101 kilokalori
Protein 1,7 gram
Karbohidrat 25,2 gram
Lemak 0,6 gram
Kalium 247 mg 5%
Kalsium 27 miligram
Fosfor 21 mg 5%
Zat besi 0,6 mg 7%
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,08 miligram
Vitamin C 36,3 mg 60%
Magnesium 21 mg 5%
Niacin 0,883 mg 5,5%
Folat 14 mcg 4%
Serat larut 4,4 mg 12%

No comments :

Post a Comment