OPview

OPview

Sunday, January 4, 2015

Manfaat dan Kandungan Kubis / Cabbage / Brassica oleraceae

Berikut manfaat mengkonsumsi kubis:





Mengurangi risiko terkena kanker
Sayur kol juga dikenal sebagai pelawan kanker. Kol penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat. Kubis memiliki beberapa sifat yang efektif untuk melawan kanker seperti lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan juga sulforaphane.

Membantu mengatasi radang lambung
Jus kubis mampu mengatasi gejala radang lambung. Hal ini disebabkan adanya kandungan glutamin yang tinggi di dalam kubis.

Sebagai anti inflamasi
Kubis adalah sumber yang baik dari asam amino glutamin dan dipercaya untuk membantu mereka yang menderita dari semua jenis peradangan.

Menjaga kesehatan otak
Kandungan vitamin K dan anthocyanins yang terdapat dalam kubis mampu menjaga kondisi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan saraf dan mengurangi resiko penyakit alzheimer. Bahkan menyembuhkan alzheimer.

Membantu mengeluarkan racun
Kubis merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan sukfur yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit seperti dari arthtiris, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram kubis:

Kalories 25
Jumlah Lemak 0.1 g 0%
Lemak Jenuh 0 g 0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg 0%
Sodium 18 mg 0%
Kalium 170 mg 4%
Jumlah Karbohidrat 6 g 2%
Serat Pangan 2.5 g 10%
Gula 3.2 g
Protein 1.3 g 2%
Vitamin A 1%
Vitamin C 60%
Kalsium 4% 

Besi 2%
Vitamin D 0 µg
Vitamin B-6 5%
Vitamin B-12 0%
Magnesium 3%


No comments :

Post a Comment