OPview

OPview

Tuesday, January 20, 2015

Manfaat Ajaib Kentut / Fart



Jangan meremehkan kentut. Lihat saja, studi baru mengungkapkan bau kentut atau flatulansi punya rahasia kesehatan dan dapat membantu mencegah kanker, stroke, serangan jantung, dan demensia.

Studi dalam jurnal Medicinal Chemistry Communications, yang dikutip Daily Mail, Kamis (10/7), menunjukkan hidrogen sulfida, adalah salah satu gas berbau yang dihasilkan oleh bakteri ketika menghancurkan makanan di perut. Dalam dosis besar, gas itu dapat menjadi racun. Namun, untuk jumlah yang sangat sedikit, dapat membantu melindungi sel dan melawan penyakit, menurut para ahli di Exeter University.

Ketika sel menjadi stres karena penyakit, sel-sel tersebut mencoba mengambil enzim untuk menghasilkan hidrogen sulfida. Zat tersebut membantu memelihara mitokondria–penghasil energi di dalam pembuluh darah dan meregulasi peradangan. Dan, tanpa mitokondria, sel akan mati.

Kini, peneliti telah membuat senyawa baru yang dinamai AP39 untuk membantu tubuh menghasilkan sejumlah hidrogen sulfida. Mereka yakin ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki mitokondria dari kerusakan, yang merupakan strategi kunci dalam mengobati penyakit seperti stroke, gagal jantung, diabetes, demensia, dan penuaan.

Profesor Matt Whiteman dari University of Exeter mengatakan,”Sel darah putih menjadi stres karena penyakit, kemudian mencari enzim untuk memproduksi hidrogen sulfida. Ini dapat menjaga mitokondria agar tidak mati dan membuat sel tetap hidup. Jika ini tidak terjadi, maka sel akan mati dan kehilangan kemampuan untuk meregulasi dan mengontrol peradangan.”

Lebih jauh lagi, “Kami telah memanfaatkan proses alami ini dengan membuat senyawa bernama AP39 yang secara lambat dapat mengantarkan jumlah kecil zat ini ke mitokondria. Temuan kami mengindikasikan jika sel yang stres diberi AP39, maka mitokondria akan terlindungi dan sel akan tetap hidup.”

Sebelum dapat diujikan ke manusia, peneliti telah menguji berbagai penyakit untuk melihat keefektifan AP39 ini. Temuan awal menunjukkan, AP39 dapat membantu meningkatkan ketahanan mitokondria sebanyak 80 persen pada penyakit, seperti kardiovaskular.

Dr Mark Wood menambahkan, “Meskipun hidrogen sulfida diketahui sebagai bau busuk, seperti telur busuk dan kentut, secara alami gas ini diproduksi oleh tubuh dan nyatanya dapat melawan penyakit dengan implikasi yang signifikan pada perawatan berbagai penyakit di masa depan.”


No comments :

Post a Comment