OPview

OPview

Thursday, January 29, 2015

Manfaat Vitamin D

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin E. Vitamin yang dikenal dengan nama Kalsiferol ini berperan dalam pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi di dalam tubuh. Tak perlu vitamin khusus asalkan mendapat cukup banyak paparan sinar matahari, karena sinar matahari pagi dapat mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D. Mengapa harus sinar matahari di bawah jam 10? Kita tahu bahwa lapisan ozon yang melindungi bumi dari mulai menipis sehingga sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit kita semakin tidak tersaring.



Berikut manfaat mengkonsumsi vitamin d:

Berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang
Vitamin D berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu pembentukan tulang. Namun fungsi khusus dari vitamin D adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur untuk kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada di dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang. Salah satu cara pengerasan tulang ini adalah pada tulang kalsitriol dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang masuk ke dalam darah.

Membantu menjaga kesehatan kulit
Asupan makanan vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari ikan-ikan, telur, atau margarin. Karena manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Dapat juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan meremajakan kulit. Biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Mengurangi risiko terkena kanker
Vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker. Semakin banyak dan tinggi vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi vitamin D maka semakin rendah terjadinya kanker kolon. Mengkonsumsi vitamin D dapat membantu anda terhindar dari penyakit kanker seperti kanker kolon,payudara dan kanker prostat.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Di dalam Vitamin D ini terdapat molekul yang aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit.

Membantu mengobati osteomalacia
Osteomalacia adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan tulang manusia, yang disebabkan karena proses pembentukan lapisan mineral tidak terjadi sebagaimana mestinya. Dalam hal ini, tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung sehingga menyebabkan tulang tersebut menjadi lunak. Tulang yang lunak akan mudah retak dan patah. Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.




No comments :

Post a Comment