OPview

OPview

Sunday, January 4, 2015

Manfaat dan Kandungan Sawi Hijau / Collards / Brassica campestris

Berikut manfaat mengkonsumsi sawi hijau:





Mengurangi risiko terkena kanker
Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat. Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan saat memanggang makanan.

Menjaga kesehatan tulang
Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

Mengatasi diabetes
Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama.







Berikut kandungan gisi dalam 100 gram sawi:

Informasi Giziper 100 gram (g)
Energi126 kj
30 kkal
Lemak0,42 g
Lemak Jenuh0,055 g
Lemak tak Jenuh Ganda0,201 g
Lemak tak Jenuh Tunggal0,03 g
Kolesterol0 mg
Protein2,45 g
Karbohidrat5,69 g
Serat3,6 g
Gula0,46 g
Sodium20 mg
Kalium169 mg

No comments :

Post a Comment