OPview

OPview

Sunday, January 4, 2015

Manfaat dan Kandungan Kemangi / Lemon Basil / Ocimum basilicum

Berikut manfaat mengkonsumsi kemangi:





Meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata
Daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Menangkal radikal bebas
Daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

Menjaga kesehatan tulang
Daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

Meningkatkan kesuburan pria
Daun kemangi merupakan sayuran sumber vitamin E yang sangat baik. Vitamin E sendiri merupakan salah satu senyawa pembentuk sel sperma pada pria. Selain itu, kemangi juga mengandung senyawa kimia bernama arginin yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan sel-sel sperma agar bisa membuahi sel telur dengan baik sehingga risiko kemandulan dapat dikurangi.

Membantu proses ovulasi dan mengatasi keputihan
Daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi) sehingga membantu kesuburan pada wanita. Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Melancarkan peredaran darah
Daun kemangi memiliki kandungan mineral magnesium dalam jumlah yang cukup tinggi. Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peran penting dalam sistem peredaran tubuh manusia. Zat ini berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah nadi serta mencegah pengerasan dinding pembuluh darah yang disebabkan karena timbunan lemak. Magnesium juga merupakan salah satu mineral pembentuk sel darah merah.

Menurunkan tekanan darah
Berbagai jenis sayuran hijau, seperti kemangi dan seledri, memang dikenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Daun kemangi mengandung mineral potasium (kalium) dalam jumlah tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengobati arah tinggi. Daun kemangi juga rendah sodium. Sodium sendiri merupakan mineral garam yang dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Mencegah diabetes
Daun kemangi mengandung vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi. Pada setiap 25 gram daun kemangi terkandung 0,01 mg vitamin K yang berarti telah memenuhi 100% kebutuhan vitamin K harian. Salah satu fungsi utama dari vitamin K adalah untuk meminimalkan resistensi insulin sehingga gula di dalam tubuh dapat diserap dengan baik. Jika gula dapat diserap dengan baik untuk dikonversi menjadi energi, maka risiko diabetes dapat dikurangi.

Sebagai anti inflamasi
Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.






Berikut kandungan gisi dalam 100 gram kemangi:

Energi22 Kcal
Serat pangan1,6 gram
Lemak0,64 gram
Protein3,15 gram
Vitamin A0,026 mg
Vitamin B12,8 mg
Vitamin C12,8 mg
Vitamin E0,8 mg
Vitamin K0,041 mg
Kalsium177 mg
Besi3,17 mg
Magnesium64 mg
Mangan1,14 mg
Fosfor56 mg
Potasium295 mg
Sodium4 mg
Seng0,81 mg

No comments :

Post a Comment