OPview

OPview

Thursday, January 1, 2015

Manfaat dan Kandungan Kacang Tanah / Nut / Arachis hypogaea

Berikut manfaat mengkonsumsi kacang tanah:



Mengurangi risiko terkena kanker
Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor. Kacang tanah mengandung banyak asam p-coumaric yang membantu menurunkan risiko kanker perut. Kacang juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita hingga 40 persen.

Menurunkan kolesterol
Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah sangat baik untuk tubuh karena bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.







Berikut jenis kacang yang biasa dikonsumsi:

Almond (Porsi per 1 ons: 160 kalori dan 14 gram lemak).
Menurut Joan Sabate Ph.D, ketua nutrisi di Loma Linda University, almond memiliki hampir sembilan kali lebih banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat, daripada lemak jenuh berbahaya. Dengan cukupnya kandungan protein, serat, kalsium, besi dan tidak mengandung kolesterol, kacang ini juga menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin E, yang melindungi tubuh dari risiko stroke dan kanker.




Kacang almond dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seks dan menjadi stimulan seksual. Hal ini karena kacang almond mengandung zat besi, selenium dan vitamin. Kandungan zat besi nya dapat meningkatkan libido dan gairah seksual, sedangkan kandungan gizi dan mineralnya baik untuk kesehatan seksual dan organ reproduksi. Jenis kacang ini bukan hanya kaya vitamin, tetapi juga kaya akan kandungan zat besi dan magnesium. Dengan begitu, rambut akan lebih kuat, sehat dan indah. Selain itu, Anda juga tidak akan cepat lelah. Kacang ini memberikan asupan protein yang dapat menjaga kestabilan gula darah saat sedang tidur dan tubuh akan lebih rileks. Kacang almond mengandung serat dan sumber baik untuk memperoleh lemak yang sehat. Serat yang terkandung dalam kacang almond berguna untuk menurunkan kolestrol. Selain itu, serat juga dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak ingin makan berlebihan.


Kenari (190 kalori dan 18 gram lemak)
Kenari menjadi kacang terunik karena kaya akan omega 3 yang sehat bagi jantung. Selain itu, kenari juga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang dapat melindungi tubuh dari risiko diabetes tipe 2.




Kenari kaya akan asam omega 3 dan asam alpha linoleic (ALA) yang mampu meningkatkan kinerja arteri kita. Kenari juga mengandung antioksidan yang ampuh mencegah kanker. Mengonsumsi kenari setiap hari bisa mencegah batu empedu. Lemak tak jenuh tunggal pada kenari membantu menyingkirkan kolesterol buruk dan lipoprotein dengan meningkatkan pembekuan darah. Asam esensial amino bernama L-arginine pada kenari akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang membantu meningkatkan aliran darah. Juga, mencegah penyempitan arteri dan akumulasi lemak pada dinding arteri. Kenari juga kerap makanan bagi otak karena merupakan sumber asam lemak omega 3 yang mengoptimalkan fungsi sel-sel di otak sehingga Anda pun semakin cerdas.

Pistachio (160 kalori dan 13 gram lemak)
Baru-baru ini, penelitian melaporkan bahwa kacang ini memiliki tingkat tertinggi LDL penurun sterol oleh peneliti di Virginia Polytechnic Institute dan State University. Pistachio merupakan sumber kalium dan kandungan lemak tak jenuhnya hampir sama dengan kacang almond. Para Ilmuwan mengatakan mengkonsumsi sejumlah kacang pistachio sehari dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat, mengusir penyakit jantung dan mencegah kanker. Kacang Pistachio mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan oleh bahan kimia berbahaya, yang disebut ‘radikal bebas’. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Nutrition berikut penelitian sebelumnya oleh tim yang sama yang menemukan pistachio membantu menghancurkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.





Kacang Tanah (170 kalori dan 14 gram lemak)
Penelitian menemukan bahwa kacang merupakan pilihan yang baik untuk menjaga tingkat kolesterol. Kacang ini menyediakan lebih banyak protein (7 gram per porsi) dibandingkan kacang lainnya.




Kacang tanah juga mengandung asam folat. Dari penelitian, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya, sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%. Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah. Gizi dalam kacang memberikan kekuatan membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan kandungan tembaga, kacang tanah membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur, akan menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang kaya akan lemak tak jenuh, dan antioksidan seperti asam oleat. Mengkonsumsi segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

Hazelnut (180 kalori dan 17 gram lemak)
Hazelnut dikemas dengan kandungan folat, sebuah vitamin yang dapat melindungi terhadap cacat lahir dan kemungkinan kanker dan penyakit kanker.










Berikut kandungan gisi dalam 100 gram kacang tanah:


Energi2372 kj
567 kkal
Lemak49,24 g
Lemak Jenuh6,834 g
Lemak tak Jenuh Ganda15,559 g
Lemak tak Jenuh Tunggal24,429 g
Kolesterol0 mg
Protein25,8 g
Karbohidrat16,13 g
Serat8,5 g
Gula3,97 g
Sodium18 mg
Kalium705 mg

No comments :

Post a Comment