OPview

OPview

Tuesday, January 20, 2015

Manfaat Vitamin A



Vitamin A merupakan salah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Meski istilah vitamin A sering merujuk pada senyawa retinol, namun kelompok ini terdiri dari beberapa senyawa lain, yaitu retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.

Vitamin A atau dikenal juga dengan nama Retinol merupakan vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Selama ini, kebanyakan dari kita hanya mengenal vitamin A sebagai vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Namun sebenarnya, fungsi dari vitamin ini sangatlah banyak.


Retinol adalah bentuk hewan vitamin A yang disimpan dalam hati setelah penyerapan dan digunakan oleh tubuh ketika dibutuhkan. Dengan menelan tertentu buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan suplemen, Anda dapat memastikan asupan vitamin A Anda terpenuhi. Rata-rata orang harus mengkonsumsi setidaknya 900 mikrogram vitamin A per hari, dan tidak lebih dari 3.000 mikrogram.





Berikut manfaat mengkonsumsi vitamin A:



Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem kekebalan Tubuh berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul jahat dan Vitamin A ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus sehinga Vitamin A akan melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen dan Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. kareana didalam Vitamin A ini terdapat Senyawa retinol dan senyawa inilah berperan penting dalam menjaga kesehatan mata kita.

Mencegah penuaan dini
Retinol mampu meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit dan menyamarkan kerutan serta garis-garis halus. Maksimalkan dengan rajin minum air putih dan rutin menggunakan tabir surya.


No comments :

Post a Comment