OPview

OPview

Monday, March 16, 2015

Manfaat Seng / Zn

Zinc merupakan senyawa pada tubuh manusia semacam mineral yang penting bagi tubuh. Zinc atau zat seng ini sangat penting bagi tubuh di tiap organ tubuh seperti otot, rambut, kulit, dan organ lainnya terdapat senyawa ini karena senyawa inilah beberapa organ juga terbentuk. Manfaat zinc untuk kesehatan manusia sangat besar sekali, zat mineral ini sangat membantu berbagai fungsi tubuh agar berjalan dengan normal. Zinc adalah salah satu mineral penting yang paling banyak ditemukan dalam tubuh kita. Secara alami mineral ini ditemukan pada beberapa makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan. Tubuh kita memiliki sekitar 2 – 3g zinc atau sekitar 60 % pada otot, dan 30 % dalam tulang. Jadi, dengan kata lain, zinc sangat berperan penting supaya tubuh kita bisa berdiri dengan tegak. Sisanya yang 10 %, seng atau zinc ditemukan pada gigi, rambut, kuku, kulit, hati, leukosit (sel darah putih), prostat, semen, dan lain-lain.




Berikut manfaat mengkonsumsi seng:

Menjaga kesehatan dan kesuburan pria
Tiram dikenal sebagai afrodisiak yang sehat, hal ini mungkin karena kandungan zincnya yang tinggi. Karena seng terbukti disimpan didalam prostat, test is dan sp*rma, maka seharusnya juga bermanfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen zinc bisa meningkatkan jumlah sperma, motilitas dan morfologi. Meneral seng ini juga membantu mengurangi kemungkinan pembesaran prostat. Hal ini terutama penting bagi pria di atas usia 50, karena mereka lebih berisiko dengan BHP (benign prostatic hyperplasia).

Menjaga kesehatan otak
Zinc juga ditemukan di otak, dan telah terbukti mengurangi kerusakan akibat oksidatif. Kerusakan ini terkait dengan perkembangan beberapa penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Seng juga memiliki efek menenangkan pada otak, sehingga jika kekurangan dapat menyebabkan agitasi dan penurunan mood. Rendahnya tingkat zinc juga ditemukan pada orang yang mengalami depresi berat , dan ada dugaan hubungan antara seng dan penyerapan serotonin di otak. Ada juga penelitian yang menunjukkan manfaat zinc bagi anak-anak dengan autisme dan ADHD. Ada juga hubungan antara seng yang rendah dan depresi setelah melahirkan .

Menjaga kesehatan kulit
Zinc memiliki sifat antioksidan yang memberikan perlindungan kulit dari UV. Penting dalam memproduksi kolagen untuk penyembuhan luka dan mencegah kondisi kulit kering dan alergi. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengobatan jerawat karena peran pentingya dalam mengatur kelenjar minyak dan anti inflamasi di kulit. Remaja laki-laki membutuhkan banyak zinc untuk pertumbuhan dan perkembangan seksual.

Membantu produksi sel darah putih
Secara tidak terlihat ternyata zink termasuk sebagai senyawa yang melindungi tubuh dari serangan dari luar tubuh kita juga ada di lendir pada lidah kita hal tersebut membantu untuk menghancurkan bakteri. Selain itu Zinc juga mendukung produksi sel darah putih dan mengaktifkan sel B dan T untuk membasmi virus atau bakteri sebelum meninjeksi.

No comments :

Post a Comment