OPview

OPview

Monday, March 16, 2015

Manfaat Kalsium / Ca

Kalsium menyumbang 2% dari total keseluruhan berat badan orang dewasa. Kalsium ditemukan dalam tubuh manusia terbesar pada tulang dan gigi . Kalsium juga terdapat dalam sistem peredaran darah, ini akan mencegah pendarahan yang bisa mengancam jiwa.






Berikut manfaat mengkonsumsi kalsium:

Berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi
Kalsium berguna untuk membantu memastikan gigi kuat, dan dengan demikian akan mencegah masalah gigi yang menyiksa. Kalsium juga akan memperbaiki massa tulang yang berkurang karena usia, dengan demikian osteoporosis akan jauh dari Anda dimasa tua. Hal ini karena Kalsium membantu memfasilitasi pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel. Asupan kalsium yang baik akan membantu mengurangi sakit punggung, karena akan memperkuat tulang punggung anda yang merupakan tempat pusat saraf.

Mencegah obesitas
Kalsium efisien dalam membantu dan mempertahankan berat badan secara optimal pada laki-laki dan perempuan. Jika kita kekurangan kalsium, tubuh akan cenderung melepaskan hormon paratiroid, yaitu akan merangsang tulang untuk melepaskan kalsium ke dalam aliran darah, untuk menjaga keseimbangan. 

Mencegah kanker usus besar
Kalsium dalam jumlah yang memadai akan mengurangi risiko kanker usus besar, karena akan menekan pertumbuhan polip yang dapat menyebabkan kanker. Suplemen kalsium mengurangi risiko adenoma , yaitu sebagai tumor nonmalignant dalam usus besar. Ini sebenarnya adalah awal dari kasus kanker usus besar, namun masih belum diketahui apakah supan kalsium bisa meminimalkan risiko kanker secara penuh. Kelebihan kalsium yang tersisa akan masuk kedalam usus besar, yaitu setelah tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan. Dalam perjalanan melalui usus besar ini, kalsium yang tidak terserap diyakini akan mengikat penyebab kanker dan diekskresikan bersama-sama keluar dari tubuh. Penelitian telah menunjukkan bukti, bahwa makanan sumber kalsium dan suplemen kalsium akan memberikan perlindungan. Suplemen kalsium harus diperoleh tubuh dalam bentuk cair, karena vitamin yang cair menyerap 5 kali lebih baik daripada pil.

Mencegah batu ginjal
Batu Ginjal adalah penumpukan dari hasil kristalisasi kalsium dan mineral lainnya di kandung kemih. Bentuk yang paling umum dari batu ginjal adalah batu oksalat. Sebelumnya diduga bahwa asupan kalsium yang terlalu tinggi akan menyebabkan batu ginjal, tetapi studi terbaru justru menunjukkan bahwa tingginya asupan kalsium akan mengurangi resiko batu ginjal. Singkatnya, diet kalsium tidak menyebabkan batu ginjal, tetapi kalsium kelebihan air yang mengakibatkan batu ginjal. Faktor-faktor lain seperti konsumsi oksalat tinggi dari sayuran seperti kale dan bayam, dan kurangnya asupan cairan yang menjadi penyebab terbesar dari batu ginjal. Kelebihan gula dan makanan yang diawetkan akan memberikan kontribusi untuk pembentukan keasaman dalam tubuh, yang akhirnya akan menimbulkan berbagai kondisi penyakit seperti kanker, batu ginjal dan hipertensi. Kalsium membantu untuk menjaga tingkat pH yang sehat, dengan demikian meningkatkan vitalitas dan kesehatan secara keseluruhan.

Melindungi otot jantung
Kalsium juga akan melindungi otot jantung. Dalam Jumlah yang cukup, kalsium akan membantu otot jantung untuk melakukan kontraksi dan relaksasi dengan benar. Kalsium juga membantu sistem saraf untuk mempertahankan tekanan yang tepat dalam arteri. Jika ada penurunan kalsium, hormon yang disebut calcitrol akan dilepaskan, yang dapat mengkontraksi otot-otot halus pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk melakukan kontraksi.

No comments :

Post a Comment