OPview

OPview

Thursday, March 12, 2015

Manfaat Potasium / Kalium / K

Kalium, adalah mineral ketiga yang paling berlimpah didalam tubuh manusia, bisa dibilang sebagai sinonim dari asuransi kesehatan. Kalium berguna untuk mempertahankan tingkat kesehatan dan gaya hidup yang lebih ceria. Tidak ada cara untuk harus mengabaikan asupan kalium dalam diet rutin kita.

Selain bertindak sebagai elektrolit, mineral ini diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot dan organ penting lainnya agar selalu dalam kondisi baik. Kalium klorida adalah diantara berbagai mineral utama lain yang dibutuhkan tubuh . Ia bekerja sama dengan natrium, untuk membantu melakukan sejumlah tugas penting tubuh.



Berikut manfaat mengkonsumsi kalium:

Mencegah stroke
Kalium mengambil peran penting untuk menjaga kerja otak agar tetap dalam keadaan normal. Penting untuk mencegah terjadinya stroke pada otak manusia. Faktanya bahwa seseorang yang menderita penyakit stroke, ternyata diketahui kekurangan nutrisi penting ini dalam tubuh manusia. 

Meningkatkan kadar gula darah
Penurunan tingkat kadar kalium juga dapat menyebabkan penurunan tingkat gula darah. Penurunan tingkat gula darah ditandai dengan berkeringat, sakit kepala, lemah, gemetar dan gugup. Asupan kalium klorida dan natrium akan memberikan bantuan secara langsung untuk kondisi tersebut. 

Mencegah gangguan otot
Kalium berperan penting dalam kontraksi otot. Konsentrasi kalium yang benar diperlukan untuk kontraksi otot yang teratur dan relaksasi otot. Sebagian besar ion kalium tubuh manusia berada di dalam sel-sel otot. Kalium memelihara fungsi otot dan saraf secara optimal.

Menjaga kesehatan otak
Saluran kalium berperan utama dalam menjaga konduktivitas listrik otak, dan yang mempengaruhi fungsi otak. Kalsium juga terlibat dalam fungsi otak yang lebih tinggi seperti mengingat dan belajar. Selain itu, penyakit yang serius seperti epilepsi umumnya terkait dengan fungsi saluran kalium. 

Menjaga kesehatan ginjal
Kalium juga bekerja sebagai agen untuk menjaga kalsium, agar tidak membentuk batu pada ginjal. dari pembentukan batu. Ginjal akan menyaring kalium dan mengeluarkannya melalui urine. Dengan demikian, bisa dikatakan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.


No comments :

Post a Comment