OPview

OPview

Monday, March 16, 2015

Manfaat Mangan / Mn

Mangan adalah mineral yang membantu tubuh mengkonversi protein dan lemak untuk energi. Mangan juga meningkatkan pertumbuhan tulang yang normal, membantu menjaga reproduksi yang sehat, saraf, dan sistem kekebalan tubuh, dan terlibat dalam regulasi gula darah. Selain itu, mangan terlibat dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang rawan dan cairan pelumas pada sendi.

Mangan merupakan mineral dengan lambang Mn (orang sering tertukar dengan Mg sebagai magnesium) dengan nomor atom 25. Mangan secara alami tidak ditemukan sebagai unsur tunggal melainkan dengan kombinasi bersama unsur lain seperti zat besi, fosfat dan banyak lagi. Dalam jaringan hidup, mangan bertugas sebagai kofaktor untuk beragam jenis enzim dengan bermacam-macam fungsi. Salah satu fungsi enzim ber-mangan yang sangat penting ada dalam proses detoxifikasi radikal bebas superoxida pada sel jaringan hidup yang berhubungan dengan berbagai elemen oksigen. Mangan juga berperan aktif dalam pembentukan tulang, pembentukan ikatan pada jaringan lunak, penyerapan kalsium dan masih banyak lagi manfaat dari mangan yang perlu kita ketahui.





Berikut manfaat mengkonsumsi mangan:

Menjaga kesehatan tulang
Mangan sangat penting untuk pertumbuhan dan normal struktur tulang yang tepat. Ini adalah mineral yang sangat efektif membantu peningkatan kepadatan mineral tulang belakang. Hal ini terutama berlaku dan berguna bagi wanita pasca-menopause, karena mereka paling banyak menderita kekurangan mangan setelah menopause.

Mengurangi risiko terkena kanker
Karena sifat antioksidan, mangan juga bermanfaat menjaga aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia . Radikal bebas ini mampu merusak sel manusia dan menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya. Dengandemikian, menambahkan suplemen mangan atau makanan kaya mineral ini adalah pilihan yang sangat baik terutama yang memiliki faktor risiko berbagai penyakit .

Mengatur kadar gula dalam darah
Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin. 

Sebagai anti inflamasi
Mangan adalah obat yangbanyak dikenal untuk membantu mempercepat kesembuhan keseleo serta peradangan, karena membantu meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan. Superoksida dismutase, juga dikenal sebagai SOD, biasanya ditemukan dengan jumlah kadar yang sangat rendah pada pasien arthritis(rematik). SOD memiliki kualitas anti inflamasi, dimana yang sangat dibutuhkan penderita arthritis. Menurut bebrbagai penelitian, menambahkan asupan mangan akan meningkatkan sintesis dan fungsi SOD yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi ini.

Mencegah osteoporosis
suplemen mangan yang terkait mencegah osteoporosis dan sindrom osteoarthritis, karena merupakan mineral penting yang telah terbukti menambah kepadatan tulang dan kepadatan mineral secara keseluruhan. Namun, sebagai setiap individu berbeda dalam hal pembentukan dan perbaikan tulang, sehingga hasil penelitian masih agak kurang. Dalam pengujian terhadap manusia, sebagian besar penelitian kesehatan tulang yang dilakukan tidak hanya menggunakan mangan. Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui peran spesifik dan mekanisme mangan pada tubuh.

Menjaga kesehatan kelenjar tiroid
Mangan adalah kofaktor penting bagi banyak enzim yang berbeda, dan merupakan senyawa penting dari tiroksin – bisa dibilang sebagai hormon yang paling penting dalam kelenjar tiroid. Berfungsinya kelenjar tiroid dan sintesis hormon akan menguntungkan untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan berat badan, nafsu makan, metabolisme, dan efisiensi sistem organ. Baca juga: Makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit kelenjar tiroid.

Membantu penyerapan vitamin
Mangan membantu menyerap vitamin penting seperti vitamin B dan E dan mineral seperti magnesium. Hal ini karena mangan berperan dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Mangan adalah salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik, dan jika ada risiko kekurangan vitamin tertentu, maka pastikan untuk meningkatkan kadar mangan, selama masih dalam tingkat yang aman dan tidak beracun.

Membantu mengatur metabolisme glukosa
Mangan membantu mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu manfaat yang paling penting untuk menyediakan sumber kekuatan tubuh yang tepat untuk bagian yang berbeda. Ketika glukosa diserap dan dimanfaatkandengan benar oleh sistem organ dan otot, maka hanya ada sedikit kesempatan kelebihan penumpukan, yang berbahaya bagi diabetes. Pengelolaan diabetes yang baik pasti dibantu dengan tingkat kadar mangan yang tepat dalam tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan
Mangan adalah mineral yang membantu menjaga fungsi pencernaan. Hal ini akan semakin meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan, dan juga mengurangi masalah-masalah seperti sembelit dan rasa ketidaknyamanan pada usus. digunakan.


No comments :

Post a Comment