OPview

OPview

Monday, March 16, 2015

Manfaat Magnesium / Mg

Magnesium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, karena kalsium digunakan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Magnesium adalah mineral urutan nomer 4 yang paling penting untuk kesehatan. Sekitar 50% dari total magnesium tubuh disimpan didalam tulang kita. Bagian yang tersisa dari magnesium yang terutama ditemukan dalam sel-sel jaringan tubuh dan organ. Hanya 1% saja magnesium yang ada dalam darah, dan tubuh manusia akan selalu menjaga agar kadar darah konstan magnesium.

Magnesium diperlukan untuk menjaga otot dan saraf agar berfungsi normal dan menjaga irama detak jantung. Dengan ini magnesium membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal dan mendukung metabolisme energi dan protein sintesis. Magnesium memiliki efek positif dalam pengobatan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Dieta Magnesium akan diserap oleh usus kecil, dan disekresikan melalui ginjal.

Magnesium adalah salah satu mineral terbanyak di dalam tubuh. Sekitar 50% dari magnesium total yang terdapat dalam tubuh berada dalam tulang. Sisanya terdapat dalam sel-sel jaringan dan organ. Hanya 1% magnesium tubuh yang berada dalam darah. Tubuh kita selalu bekerja keras untuk mempertahankan kadar magnesium yang konstan.





Berikut manfaat mengkonsumsi magnesium:

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Magnesium secara langsung berkaitan dengan kepadatan tulang. Kekurangan mineral ini bisa menjadi penyebab osteoporosis. Magnesium membantu dalam peraturan tingkat kalsium dalam tubuh bersama dengan vitamin D, tembaga, seng dll . Magnesium bersama dengan kalsium dan vitamin D harus didapat orang sepanjang tahun mulai saat pertumbuhan hingga dewasa, karena menghilangkan kemungkinan terkena osteoporosis di kemudian hari.

Menjaga kesehatan kehamilan
Magnesium adalah salah satu elemen penting selama kehamilan. Asupan yang tepat dari suplemen magnesium selama kehamilan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis dan meningkatkan tingkat toleransi sakit, sehingga menghasilkan proses kelancaran pengiriman dan juga mengoptimalkan tekanan darah. Magnesium sulfat adalah pengobatan terbaik untuk mencegah kejang eklampsia pada ibu hamil yang mengalami hipertensi.

Mencegah diabetes dan mengatur kadar gula dalam darah
Manfaat kesehatan dari magnesium juga memberikan kontribusi terhadap pasien diabetes, karena mineral ini membantu untuk meningkatkan reaksi insulin untuk menjaga tingkat gula darah. Suplemen magnesium sangat penting untuk semua pasien diabetes sebanyak menderita kekurangan magnesium. Magnesium membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal. Hipertensi merupakan salah satu faktor utama penyebab serangan jantung yang akan datang. Orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kekurangan magnesium. Oleh karena itu, tambahan nutrisi dan suplemen mineral dengan kandungan magnesium sangat penting bagi mereka untuk menghindari komplikasi medis.

Menghasilkan kolagen
Magnesium penting untuk memproduksi protein yang secara perlahan akan berubah menjadi kolagen. Kolagen yang alami protein, sebagian besar ditemukan dalam jaringan berserat seperti tendon, ligamen dan kulit. Hal ini juga terdapat dalam kornea, tulang, usus, tulang rawan, pembuluh darah, dan cakram intervertebralis. 

Membantu penyerapan mineral
Magnesium membantu untuk menyerap vitamin dan mineral penting seperti natrium, kalsium, kalium dan fosfor. Penyerapan mineral biasanya terjadi dalam usus halus, dan manfaat ini dari magnesium adalah men-detoksifikasi banyak racun berbahaya yang ada didalam tubuh kita.

Membantu mencegah masalah pernafasan
Mendapat asupan magnesium yang mencukupi dapat mengurangi resiko gangguan pernapasan termasuk asma. Pasien asma kronis mungkin dapat bernapas dengan normal kembali dengan bantuan suplemen magnesium yang membantu mengendurkan otot bronchial. Bahkan napas menciut dan sesak napas dapat diredakan dengan pemberian magnesium melalui intravena (infus).

No comments :

Post a Comment