OPview

OPview

Thursday, November 27, 2014

Wisata ke singapura tanpa tour

Singapura, yang dalam bahasa inggris disebut Singapore. Adalah sebuah negara kecil dengan tingkat pertumbuhan yang luar biasa di Asia. Singapore merupakan negara transit bagi pesawat dan kapal laut yang menghubungkan Asia Tenggara dengan asia lain serta benua lain. Tidak heran apabila Singapore menjadi maju dan mempunyai banyak hal untuk layak dikunjungi, di antara nya obyek wisata, rumah sakit, fasilitas publik, dan sekolah.

Saya tidak akan banyak basa-basi, saya akan mulai memandu anda untuk berwisata ke Singapore dengan mandiri dan hemat.

Pertama, tentukan waktu yang tepat untuk berlibur ( Untuk berlibur hemat, hindari memilih hari besar seperti tahun baru, libur sekolah dan hari besar lain ). Tentukan pula berapa lama anda akan berlibur.

Kedua, belilah tiket hotel di travel agent di daerah anda karena harga tiket hotel jauh lebih murah apabila anda membeli di Indonesia.

Ketiga, belilah tiket pesawat promo pergi-pulang. Khusus untuk air asia, anda dapat langsung mengunjungi situs www.airasia.com
Jangan lupa pula membeli tiket Universal Studio Singapore, Garden by the bay dan tempat menarik lainnya.
Pilihlah harga tiket pulang pergi, karena biasanya tiket dari Indonesia-Singapore lebih murah daripada Singapore-Indonesia. Anda juga bisa memesan tiket promo beli tiket hotel free tiket pesawat ( Free flight ).




Ketiga hal di atas harus anda padukan sehingga anda dapat berlibur dengan hemat (jangan lupa pertimbangkan poin keenam apabila anda belum memiliki paspor aktif).

Keempat, hal yang tidak kalah pentingnya adalah tentukan barang apa yang hendak anda beli di Singapore dan tukarkan dengan Dolar Singapura (SGD atau S$). Pecahan uang kertas nya mulai: sepuluh ribu dolar, seribu dolar, seratus dolar, lima puluh dolar, dua puluh dolar, sepuluh dolar, lima dolar, dua dolar dan satu dolar. Sedangkan pecahan uang logam nya mulai: satu dolar, lima puluh sen, dua puluh sen, sepuluh sen, lima sen, satu sen. Satu dolar = 100 sen.
Tukarkan rupiah anda dengan pecahan maksimal 50 dolar, mintalah pecahan 20 dan 10 dolar yang banyak, minta juga pecahan 5 dan 2 dolar beberapa karena mesin tiket MRT di sana hanya bisa membaca maksimal 10 dolar.










Kelima, persiapkan peta ( map ) Singapore untuk memandu anda di sana. Mintalah pada agen tour atau gunakan gadget anda untuk download map dan MRT map. MRT adalah mode transportasi paling efisien dan nyaman menurut saya.

Keenam, jangan lupa pula dengan paspor. Bila anda belum memiliki paspor, anda dapat mengajukan paspor di kantor imigrasi terdekat ( waru / tandes ). Ambil dulu formulir pendaftaran di kantor imigrasi atau via online, untuk dewasa berikut persyaratannya:

- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri
- Kartu keluarga
- Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis (mencakup nama;tanggal lahir;tempat lahir; dan nama orang tua)
- Surat kewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa. 

Sedangkan untuk anak, berikut persyaratannya:

- Kartu tanda penduduk ayah atau ibu yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
- Kartu keluarga;
- Akta kelahiran atau surat baptis
- Akta perkawinan atau buku nikah orangtua;
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa

Setelah anda mengambil formulir dan mengisi lengkap dan memfotokopi semua dokumen di atas (khusus untuk KTP, fotokopi bolak balik ukuran A4), keesokan harinya datanglah ke kantor imigrasi pukul 07.30 tepat.


Setelah dokumen anda diperiksa, anda akan dipersilakan untuk diambil foto dan sidik jari pada hari yang sama. Setelah itu anda diwajibkan membayar biaya:

Paspor biasa 48 halaman Rp. 300.000,-
Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Paspor berbasis Biometrik Rp. 55.000,-

Proses selesai, anda tinggal menunggu dan mengambil paspor anda pada hari yang ditentukan atau sekitar 7 hari kerja untuk amannya.

OK, LETS GOOO TO SINGAPORE...



Datanglah ke bandara Juanda 3 jam sebelum boarding untuk persiapan di imigrasi dan bagasi bila anda pertama kali pergi keluar negeri. Untuk Garuda dan Airasia ada di terminal 2 yang baru, untuk Lion air di terminal 1 yang lama. Periksa tiket anda dan pastikan anda di terminal yang benar.

Setelah tiba di bandara udara singapura (Changi Airport), uruslah imigrasi dan bagasi anda terlebih dahulu. Setelah semua beres, carilah arah menuju terminal 2 atau 3 untuk mencari stasiun MRT menggunakan skytrain gratis dari pihak bandara.

Setelah tiba di terminal 2 atau 3 carilah lambang MRT:



Sebelum masuk loket MRT, belilah tiket di mesin tiket (Touch Screen):




Kemudian pilihlah standard ticket:




Kemudian pilih stasiun MRT tujuan anda (Pelajari MRT map terlebih dahulu di rumah):



Masukkan uang singapura sesuai nominal yang tertera di mesin atau lebih. Misal 5,5 dolar, anda dapat memasukkan uang 5+1 dolar, anda akan memperoleh kembalian dari mesin tiket.

Anda akan memperoleh tiket seperti ini:



Terlebih dahulu anda harus memahami cara kerja MRT di Singapura. Tiap Kereta memiliki rute tetap pergi pulang sesuai warna rute MRT di peta MRT. Apabila anda ingin berpindah warna rute, anda harus turun ke stasiun transit yang dinamakan "Interchange" di sana. Carilah rute yang benar, jangan sampai terbalik karena akan memperlama perjalanan anda. Lihatlah peta MRT dan carilah rute terpendek.

Apabila anda ingin ke stasiun "Harbour Front" dari stasiun "Orchard", anda harus naik kereta rute warna merah yang bertuliskan "Jurong-Marina Bay" jangan sampai terbalik. Kemudian anda turun di interchange "Dhoby Ghaut" dan mencari rute warna ungu yang bertuliskan "Punggol-Harbour Front". Akhirnya anda sampai ke tujuan dengan cepat.

Sekarang anda siap untuk memulai petualangan baru menggunakan MRT. Berikut gate nya:



Apabila anda salah turun stasiun, jangan keluar dari gate, cari rute lanjutan atau rute yang berlawanan sesuai stasiun yang anda tuju.



Saya akan membahas beberapa tempat yang saya anggap menarik di Singapura:



Sentosa Island

Siapa yang tidak tahu Universal Studio? Wahana mengagumkan di Singapore yang terus ditambah oleh pihak pengelola dan mengikuti tema yang tren. Universal Studio Singapore ada di dalam pulau Sentosa. Sebelum Universal Studio ada, Sentosa Island sudah memiliki beberapa wahana dan tempat menarik seperti Song of the Sea yang sekarang menjadi Wings of Time, Merlion Tower (miniatur merlion), Luge and Skyride dan SEA Aquarium dll.






Untuk mencapai Sentosa Island, terlebih dahulu anda harus berhenti di stasiun MRT bernama "Harbour Front", kemudian anda dapat menggunakan berbagai cara, yang termurah adalah Broadwalk, yaitu berjalan melintasi sungai dengan bantuan eskalator. Anda hanya perlu membayar 1 dollar koin untuk masuk pulau Sentosa.





Cara berikutnya, anda dapat menggunakan Sentosa Express. Hanya dengan 4 dolar, anda bisa menggunakan fasilitas ini. Apabila anda sudah di dalam, anda bebas menggunakan fasilitas ini untuk mengunjungi 4 stasiun tanpa dipungut biaya lagi. Anda dapat membeli tiket di dalam vivo city, carilah Sentosa Station.








Berikutnya anda dapat menggunakan fasilitas cable car, tetapi agak mahal. Untuk dewasa dikenakan tarif 29 dolar untuk pergi pulang. Untuk melengkapi wisata anda, tidak ada salahnya anda mencoba yang satu ini. Anda dapat pula membeli tiket cable car di depan Universal Studio untuk rute pulang saja dengan tarif berbeda (ada paket wahana sentosa island + cable car).






Selamat berpetualang di Pulau Sentosa... Jangan kelewatan dengan SEA Aquarium dan Song of the Sea.



Ada beberapa tempat lain yang menarik di Singapura selain Sentosa Island,

Marina Bay Sands

Anda dapat berfoto dan berkuliner di mall di dalam Marina Bay Sands. Adapula Garden By The Bay yang berisi beraneka ragam tanaman, bunga dan pohon, pintu masuknya di seberang Marina Bay Sands.



Clarke Quay

Tempat yang satu ini merupakan daerah kuliner dengan bugdet yang lumayan mahal, tetapi relatif juga sih. Yang pasti kalau malam bagus buat foto.





Merlion Park

Bila anda belum berfoto dengan patung yang satu ini, dapat dikatakan anda belum ke Singapura. Yaaa, Merlion... Kunjungi stasiun "Raffles Place" carilah Hotel Fullerton dan anda akan melihat Patung Kepala Singa yang satu ini...




Chinatown

Ini adalah wilayah pecinan, banyak makanan mengandung babi di sini, anda dapat berbelanja baju dan makanan unik di sini. Nb: orang daerah ini bahasa Inggrisnya masih sangat minim, jadi gunakan bahasa tarzan. Hahaha...




Bugis

Ini juga tempat kuliner dan belanja bagi yang mencari barang murah buat oleh-oleh.



Jurong Park

Bagi anda yang gemar burung, anda wajib mengunjungi yang satu ini.




Orchard

Tempat yang satu ini bertaburkan barang branded alias mahal, anda harus menguras kocek anda untuk membeli barang di mall sepanjang jalan ini. Tetapi jangan kuatir, anda masih dapat mencari makanan enak dan relatif murah di beberapa food court di mall seperti Paragon dan lainnya. Anda dapat menemukan ice cream seharga 1 dolar yang nikmat di sepanjang jalan ini.







Sekian Info dari saya, semoga bermanfaat dan ditunggu komentarnya...

Lihat juga penjelasan masing-masing tempat di blog saya...












No comments :

Post a Comment